sign up SIGN UP search


moms-life

5 Manfaat Seks bagi Suami Istri: Tingkatkan Libido hingga Kesehatan Jantung

Muhayati Faridatun Senin, 29 Jun 2020 20:09 WIB
Ilustrasi hubungan seks suami istri Ilustrasi manfaat seks bagi suami istri/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Ivanko_Brnjakovic
Jakarta -

Rutin berhubungan seks perlu dilakukan untuk memenuhi kebutuhan psikologis pasangan suami istri. Tapi tahukah, Bunda, seks ternyata sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Kehidupan seks yang positif diyakini bisa memberi keajaiban bagi kesehatan tubuh Bunda dan suami. Ini tak hanya sekadar memenuhi kebutuhan psikologis dan memberikan kepuasan semata.

"Sebagian besar fokus kami yakni kesehatan dan keintiman seksual didasarkan kesepakatan, kejujuran, dan kesenangan bersama," ujar spesialis obgyn Barbara Depree, MD, dikutip dari Insider.


Ia menambahkan, kalau Bunda dan suami merasa saling dihormati dan keinginan terpenuhi, maka seks akan lebih sehat. Menurutnya, bercinta juga akan sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, serta mental Bunda dan suami, yakni:

1. Kurangi stres dan kecemasan

Dijelaskan dalam Journal of Sexual Medicine, tingkat kortisol menurun setelah berhubungan seks. Ini merupakan hormon yang berfungsi memberi respons stres tubuh. Kalau hormon ini menurun atau lebih sedikit di dalam tubuh, maka Bunda dan suami akan merasa lebih rileks.

Sedangkan endorfin adalah hormon lain yang dilepaskan saat bercinta. Ini terkait dengan meningkatnya perasaan bahagia, motivasi, dan energi. Artinya, seks atau olahraga bisa meningkatkan suasana hati lebih bahagia.

"Kita tahu bahwa orang-orang yang melakukan hubungan seks umumnya memiliki sedikit kecemasan dan stres," ungkap Depree.

Beautiful loving couple kissing in bed. beautiful young couple lying together on the bed. Romantic young couple in love lying on bed. Beautiful couple smiling in bed.Ilustrasi hubungan seks suami istri/ Foto: Getty Images/iStockphoto/stefanamer

2. Tingkatkan libido

Oksitosin, yang dikenal sebagai hormon cinta, dilepaskan saat berhubungan seks. Ini bisa meningkatkan rasa percaya dan empati, yang merupakan bagian penting untuk menjaga hubungan intim suami istri.

Kalau merasa lebih terhubung dengan pasangan, keinginan untuk berhubungan seks atau libido juga meningkat. Libido yang lebih kuat dan keintiman bisa mendukung, serta membuat mental dan fisik yang lebih baik.

3. Tidur lebih nyenyak

Pelepasan oksitosin juga akan membantu Bunda dan suami tidur lebih cepat, juga lebih nyenyak setelah berhubungan seks. Kata Depree, terlebih kalau Bunda mengalami orgasme.

"Lebih khusus jika wanita mencapai orgasme, seks secara umum membantu melepaskan oksitosin, yang secara langsung berdampak pada otak untuk mendorong relaksasi, dan sebenarnya sedikit menenangkan," jelasnya.

Faktanya, baik pria maupun wanita mengaku, tidur mereka lebih baik setelah mencapai orgasme. Menurut International Society for Sexual Medicine, selain oksitosin, kadar prolaktin juga meningkat setelah bercinta dan orgasme.

Dijelaskan, hormon prolaktin bisa meningkatkan perasaan kantuk dan relaksasi, yang membuat Bunda dan suami lebih nyaman istirahat sepanjang malam.

4. Tingkatkan sistem kekebalan tubuh

Pada 2018 lalu, Journal of Sex Research memaparkan, hubungan antara seks dengan peningkatan fungsi kekebalan tubuh. Para peneliti membandingkan, wanita yang tidak melakukan hubungan seksual dengan mereka yang bercinta setidaknya sekali seminggu.

Mereka menemukan fakta, wanita yang aktif secara seksual rupanya meningkatkan kadar imunoglobin A dalam air liur mereka. Perlu Bunda tahu, antibodi inilah yang memainkan peran penting dalam melawan penyakit umum, seperti penyakit pernapasan dan gastrointestinal (pendarahan saluran pencernaan).

5. Seks tingkatkan kesehatan jantung

Aktivitas seks sebenarnya termasuk olahraga, Bunda. Bahkan menurut penelitian, kita bisa membakar rata-rata 85 kalori saat berhubungan seks selama 30 menit.

Depree mengatakan, seks memiliki dampak langsung pada tekanan darah yang lebih rendah, baik karena manfaat seks bagi kesehatan fisik maupun mental.

"Tingkat stres dan kecemasan yang lebih rendah juga terkait dengan tekanan darah lebih rendah, sehingga risiko penyakit jantung berkurang," tegasnya.

Nah, dengan rutin berhubungan seks, apakah Bunda dan suami sudah merasakan manfaat di atas?

Bunda, simak juga tips aktor Oka Antara dan istri menjaga keharmonisan, dalam Intimate Interview di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]

(muf/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi