sign up SIGN UP search


moms-life

Tips agar Tak Tertipu Endorse Produk Kecantikan yang Ditawarkan Selebgram

Annisa Karnesyia Kamis, 23 Jul 2020 16:57 WIB
Kecantikan caption
Jakarta -

Memilih produk skincare atau klinik kecantikan sebaiknya lebih selektif lagi ya, Bunda. Baru-baru ini, artis Rency Milano diduga menjadi korban malapraktik sebuah klinik kecantikan karena endorse.

Kakak Elma Theana ini membagikan foto sedang terbaring dengan dagu bengkak dan bernanah di Instagram. Dalam unggahannya itu, Rency menyiratkan bahwa ia datang ke sebuah kinik karena endorsement. Hal itu diperkuat dengan komentar yang ditinggalkan beberapa rekannya.

Endorse mengenai produk kosmetik, skincare, dan jasa perawatan kecantikan memang bukan hal baru. Menurut peneliti Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), Natalya Kurniawati, sebaiknya konsumen lebih jeli mencari informasi sebelum menggunakan jasa dan produk kecantikan.


Informasi yang dimaksud seperti review dari orang yang sudah memakainya, detail klinik, hingga dokter yang melakukan treatment. Semua informasi ini harus diperiksa lebih seksama.

"Misalnya klinik X punya layanan perbaikan struktur kulit yang jerawatan, itu kita lihat reviewnya dan cek websitenya. Klinik yang bagus harus memajang informasi sejelas-jelasnya tentang klinik itu, enggak cuma sekedar punya duit, endorse artis terkenal yang kulitnya cakep, atau ikut sekali treatment dan diviralkan," kata Natalya kepada HaiBunda, Kamis (23/7/2020).

Setelah cek website klinik, pastikan kontaknya jelas dan bisa dihubungi. Jangan lupa juga untuk melihat jumlah kantor cabang klinik atau nomor registrasinya ya.

"Punya berapa cabang? Jelas atau tidak. Misalnya, sewa rumah atau ruko khusus yang jelas bisa di- trace. Kalau di mall harus hari-hati, kadang izinnya itu usaha biasa, bukan usaha klinik. Jadi, sewaktu-waktu kalau terjadi kasus, gampang kaburnya," ujar Natalya.

Jika klinik sudah jelas, Bunda harus cari tahu dokter yang bekerja di sana ya. Sebab, beberapa prosedur kecantikan harus ditangani oleh dokter yang kompeten.

Natalya menyarankan untuk mengecek nama dokter yang akan melakukan treatment di website Konsil Kedokteran Indonesia. Pastikan dokter tersebut terdaftar dan memiliki tanda registrasi yang masih aktif.

"Konsumen bisa melakukan itu untuk menelusuri apakah klinik tersebut worthed atau tidak untuknya," ucap Natalya.

"Kalau tidak menyakinkan, sekadar iming-iming kulit kiclong dalam sehari, lebih baik jangan. Lebih selektif mencari apa yang dibutuhkan, tapi enggak asal murah atau review bagus," sambungnya.

KecantikanIlustrasi Perawatan Kecantikan/ Foto: iStock

Cara lain yang bisa Bunda lakukan adalah memanfaatkan konsultasi gratis yang umumnya disediakan klinik kecantikan. Jangan ragu untuk menanyakan kompetensi dokter yang akan menangani kita serta perawatan yang akan diterima.

Menurut Natalya, klinik kecantikan abal-abal biasanya tidak menggunakan dokter atau ahli yang kompeten. Pada akhirnya, konsumen bisa berisiko mengalami kerugian.

"Masalah bagus atau tidak hasilnya, namanya orang tidak kompeten pasti ada risiko-risikonya. Kalau dokter kan jelas, kalau ada komplikasi apapun, dia bisa pertanggungjawabkan. Kalau yang ini, siapa yang harus bertanggung jawab, lagi-lagi konsumen yang dirugikan," katanya.

Natalya juga mengingatkan konsumen jangan percaya begitu saja dengan review public figure, atau influencer yang kita kenal juga dengan sebutan selebgram. Cobalah cari review pembanding yang tidak membingungkan.

Menurutnya, produk kosmetik membutuhkan jangka waktu tertentu agar efeknya terlihat di kulit. Gunakanlah logika sederhana yang bisa dilihat dari review tersebut.

"Lihat influencer yang endorse barang atau produk itu lebih dari satu sebagai perbandingan, dan tidak bikin bingung. Misalnya, sekarang bilang suka produk ini, terus minggu depan suka dengan produk lain," ucapnya.

Intinya harus hati-hati dan jeli mencari informasi mengenai produk atau jasa kecantikan yang akan kita gunakan ya, Bunda.

Simak juga rahasia harmonis rumah tangga Donna Agnesia yang beda 6 tahun dengan suaminya, di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/rap)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!