sign up SIGN UP search


moms-life

Bunda, 7 Amalan Sunah Ini Baik Dilakukan saat Idul Adha

Jujuk Ernawati Kamis, 30 Jul 2020 09:54 WIB
ilustrasi salat caption
Jakarta -

Menjelang Hari Raya Idul Adha yang akan dirayakan umat Muslim di Indonesia pada Jumat (31/7/2020) mendatang, ada sejumlah amalan yang bisa dilakukan. Misalnya, puasa Tarwiyah dan Arafah, yang dilakukan dua hari menjelang Idul Adha.

Selain amalan menjelang Hari Raya Qurban, ada amalan lain yang bisa Bunda lakukan saat hari raya tiba, lho. Nah, berikut ini amalan-amalan yang bisa dilakukan pada tanggal 10 Dzulhijjah untuk menambah pahala, dikutip dari berbagai sumber:

1. Mengumandangkan takbir

Seluruh umat Muslim dianjurkan mengumandangkan takbir pada malam Hari Raya Idul Adha, baik di masjid, musala maupun rumah. Takbir mulai dikumandangkan saat matahari terbenam hingga pelaksanaan Hari Raya Idul Adha dan berakhir di hari tasyrik tanggal 13 Dzulhijjah pada waktu ashar.


Namun menurut Ustaz Adi Hidayat, Lc, MA, takbir pada Hari Raya Idul Adha sudah bisa dilakukan mulai tanggal 1 Dzulhijjah. "Tanggal 1 Dzulhijjah sudah bisa bertakbir untuk diri pribadi ketika datang ke masjid dan pulang. Juga bisa dilakukan berjamaah," katanya dikutip dari YouTube Audio Dakwah.

2. Mandi sebelum salat Idul Adha

Umat Muslim dianjurkan untuk mandi besar sebelum salat Idul Adha. Ini sesuai dengan hadist yang diriwayatkan oleh Malik dan Syafi'i.

"Dari Nafi', beliau mengatakan bahwa Ibnu Umar radliallahu 'anhuma mandi pada hari Idul Fitri sebelum berangkat ke lapangan". (HR. Malik dan asy-Syafi'i dan sanadnya shahih)

3. Memakai pakaian terbaik dan wangi-wangian

Ustaz Adi Hidayat mengatakan bahwa hukumnya sunah mengenakan pakaian terbaik, terutama saat akan melaksanakan salat Idul Adha. Selain pakaian terbaik, juga dianjurkan untuk mengenakan wangi-wangian bagi laki-laki.

"Kenakan pakaian terbaik yang bisa kamu dapat. Itu sunah. Pakaian tidak harus mahal, yang penting halal. Pakai juga wewangian bagi laki-laki, hukumnya sunah. Ini setahun sekali, pahalanya tinggi," ujarnya.

4. Tidak makan sebelum salat Idul Adha

Berbeda dengan Idul Fitri, saat akan berangkat salat Idul Adha, umat Muslim disunahkan untuk tidak makan lebih dahulu. Menurut Ustaz Adi Hidayat, makan bisa dilakukan setelah khutbah selesai dan kembali ke rumah. Jika lapar saat kembali ke rumah, bisa makan, baik mampir di rumah makan atau mengonsumsi bekal yang dibawa.

"Jadi sunah jangan dulu makan, ketika dilakukan berpahala. Siapkan makan untuk pulang. Pertama yang dimakan kalau bisa hasil sembelihan," ucapnya.

ilustrasi salatilustrasi salat/ Foto: iStock

5. Berangkat lebih awal

Disarankan saat Idul Adha untuk berangkat lebih pagi ke tempat salat. Itu karena setelah salat akan dilakukan penyembelihan hewan qurban.

Menurut Ustaz Adi Hidayat, salat Idul Adha bisa dilakukan mulai pukul 06.15. Setelah itu khutbah pun tidak dilakukan terlalu lama, sehingga pada awal dhuha atau sebelum pukul 07.00 sudah bisa menyembelih hewan qurban. Selanjutnya, sekitar pukul 11.00 diharapkan penyembelihan sudah selesai, sehingga bisa makan lebih awal.

6. Berjalan kaki menuju tempat salat

Jika kediaman Bunda dekat dengan tempat salat, disarankan untuk berjalan kaki sambil takbir. Ini sesuai dengan sunah Rasul, seperti sebuah hadist yang diriwayatkan Ibu Maja:

"Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam biasa berangkat shalat 'id dengan berjalan kaki, begitu pula ketika pulang dengan berjalan kaki." (HR. Ibnu Majah)

7. Pulang salat memilih jalan berbeda

Selain pergi dan pulang dengan berjalan kaki jika lokasi salat dekat dengan rumah, disunahkan juga lewat jalan pergi dan pulang yang berbeda, Bunda. Ini sesuai dengan hadist yang diriwayatkan oleh Bukhari:

"Dari Jabir radhiyallahu 'anhu, ia berkata bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam ketika berada di hari Ied (ingin pergi ke tempat shalat), beliau membedakan jalan antara pergi dan pulang." (HR. Bukhari)

"Faedahnya supaya kalimat takbir menyebar, menjadi bagian dari silaturahim, dan menyebarkan kebahagiaan," ujar ustaz Adi Hidayat.

Nah Bunda, bersiap menyambut Idul Adha 1441 H esok hari ya. Meski demikian, Bunda dan keluarga yang salat di lapangan atau pun masjid dan bersilaturahmi, tetap menaati protokol kesehatan di era new normal saat ini ya. 

Bunda bisa simak Bunda seleb ajarkan makna berqurban pada buah hati di video berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(jue/jue)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi