sign up SIGN UP search


moms-life

5 Cara Menyimpan Kentang agar Tak Cepat Busuk

Siti Hafadzoh Minggu, 02 Aug 2020 10:17 WIB
Raw Potato 5 Cara Menyimpan Kentang agar Tak Cepat Busuk/ Foto: iStock
Jakarta -

Kentang merupakan salah satu bahan makanan yang sering diolah untuk menu sehari-hari. Kalau Bunda ingin memborong kentang, simpan dengan benar ya supaya tidak cepat busuk.

Karena tumbuh di tanah, permukaan kentang pasti kotor. Tapi, kalau Bunda mau menyimpannya untuk jangka panjang, jangan dicuci dulu ya.

"Mencuci (kentang) menambah kelembapan yang mendukung pertumbuhan jamur dan bakteri," tulis ahli gizi diet Erica Julson, MS, RDN, CLT dikutip dari Healthline.


Erica Julson juga tidak menyarankan menyimpan kentang mentah di dalam freezer, Bunda. Ini karena suhu yang sangat dingin dapat menyebabkan rasa manis pada kentang jadi menurun.

Nah, dilansir The Spruce, berikut ini 5 cara menyimpan kentang agar tidak busuk yang Bunda bisa ikuti:

1. Periksa kentang untuk melihat kecambah, jamur, atau kerusakan akibat hama karena hanya kentang mulus yang bisa disimpan tahan lama.

2. Tempatkan kentang di boks kardus, paper bag, atau keranjang dengan ventilasi udara yang baik.

3. Jangan menggunakan kantong plastik ya, Bunda. Ini menghambat sirkulasi udara dan menyebabkan waktu penyimpanan kentang lebih pendek.

4. Simpan kentang di tempat yang dingin, lembap, dan gelap. Suhu ideal untuk kentang adalah 7 sampai 10 derajat Celsius.

5. Sering-sering cek kentang dan buang yang sudah lembek atau bertunas.

Lihat juga cara menyimpan daun jeruk agar awet berbulan-bulan di video berikut ini, Bunda.

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/kuy)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi