sign up SIGN UP search


moms-life

Perjuangan Iis Sugianto Lawan COVID-19 hingga Ingin Tulis Pesan Terakhir

Annisa Karnesyia Senin, 14 Sep 2020 08:00 WIB
Iis Sugianto caption
Jakarta -

Lama tak terdengar, Iis Sugianto mengabarkan dirinya baru saja sembuh dari COVID-19. Hal itu disampaikan penyanyi era 80-an ini di YouTube channel pribadinya.

Iis dirawat selama tiga minggu di rumah sakit, Bunda. Sebelum dinyatakan positif COVID-19, dia sempat didiagnosis terkena tifus atau tipes.

"Bermula dari suhu tubuh yang naik turun, kadang suhu panas, tiba-tiba normal kembali. Karena itu saya memberanikan diri memeriksa ke lab dan dinyatakan sakit tipes," kata Iis, dikutip Minggu (13/9/2020).


Di hari ketiga, demam yang dialami Iis tak kunjung membaik. Ia kembali memeriksakan diri ke rumah sakit dan menjalani serangkaian pemeriksaan. Iis kembali dinyatakan sakit tifus dan dirawat di RS.

Tak lama setelah itu, ibu tiga anak ini diminta dokter menjalani tes swab. Ini dilakukan karena hasil pemeriksaan toraks paru-paru ditemukan lendir. Ia pun diberi tahu bahwa positif Corona usai menjalani tes swab.

"Jam 11 pagi dokter internis datang, 'Bu Iis kelihatannya hasil toraks Bu Iis mencurigakan. Paru-paru Bu Iis seperti ada lendir, Bu Iis harus swab ya'," ujar Iis.

"Kira-kira jam 4 sore dokter datang (bilang) 'Bu Iis Covid, enggak bisa tinggal di rumah sakit ini karena tidak menerima pasien Covid, jadi Bu Iis mohon maaf harus kita pindahkan hari itu juga'."

iis sugianto dan ketiga anaknya.iIis Sugianto dan Ketiga Anaknya./ Foto: Instagram @iis.sugianto_

Pasrah pada Tuhan

Iis pun berusaha ditenangkan oleh dokter. Ia diminta untuk tetap semangat dan diyakinkan untuk bisa melawan COVID-19 ini.

Namun saat itu, dipikiran Iis hanya terlintas ketiga anaknya, Bunda. Penyanyi 58 tahun itu bahkan sempat merasa bahwa itu adalah akhir hidupnya. Ia ingin menuliskan wasiat pada ketiga anaknya.

"Yang ada di pikiran saya saat itu adalah anak-anak. Saya dalam keadaan yang 50 persen sembuh, 50 persen inilah akhir hidup saya," ucapnya.

Selama menjalani perawatan, Iis Sugianto tidak diizinkan bertemu dengan buah hatinya. Ia sampai ingin sekali menulis pesan, yang mungkin menjadi terakhir kali untuk anak-anaknya.

"Saya ingin sekali menitipkan pesan lewat surat satu-satu pada anak-anak. Pesan terakhir kepada anak-anak, buat Nadia, Shana, Aziz, itu yang ada dalam pikiran saya," kata Iis.

Iis terus berjuang melewati cobaan ini. Ia sempat pasrah, hingga akhirnya bangkit karena dukungan keluarga dan anak-anaknya.

"Banyak support, doa dari keluarga, terutama saudara-saudara kandung saya, anak-anak saya, mereka memberikan support pada saya, 'Mama harus kuat, Mbak Iis harus kuat' itu yang membuat saya kuat saat itu," ujarnya.

Iis tidak mengetahui pasti di mana tertular virus Corona. Namun, dia menduga tertular saat mengisi acara yang mengharuskannya membuka masker untuk bernyanyi.

Penyanyi bernama lengkap Kuspuji Istiningdyah ini merasakan demam tinggi, mual, hilang rasa di lidah, dan tak nafsu makan selama terserang COVID-19. Kondisi lainnya adalah kekentalan darah yang di atas angka normal.

"Kekentalan saya sampai tiga kali di atas orang normal, saya untung dirawat dan dijaga oleh dokter sehingga kekentalan darah saya bisa dijaga, itu keuntungan saya dirawat," ucap Iis.

Pada tanggal 1 September 2020, Iis pulang ke rumah usai sembuh dari Corona. Ia bersyukur, Tuhan memberikan kesembuhan dan kesempatan hidup kedua.

Simak juga cerita istri Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Fery Farhati, yang bangkit dari pandemi Corona karena ibu-ibu Jakarta, di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi