sign up SIGN UP search


trending

Novel Baswedan Sembuh dari Corona, Ternyata Ikuti 5 Tips Dokter Ini

Annisa Karnesyia Minggu, 13 Sep 2020 09:45 WIB
Korban penyiraman air keras Novel Baswedan bicara alasannya tak ikut rekonstruksi yang digelar polisi. Faktor kesehatan jadi alasan ia tak ikut rekonstruksi itu caption
Jakarta -

Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan telah sembuh dari Corona atau COVID-19. Setelah menjalani isolasi selama 11 hari, dia dan keluarga dinyatakan negatif, Bunda.

Dalam akun Twitter miliknya, @nazaqistsha, Novel mengumumkan hasil tes swab dirinya dan keluarga. Ia juga mengucapkan terima kasih atas dukungan yang diterimanya selama ini.

"Stlh menjalani isolasi mandiri selama 11 hari, saya bersama dgn keluarga kembali melakukan tes swab. Alhamdulillah hasilnya sdh Negatif. Terima kasih atas doa dan dukungannya. Semoga pandemi ini segera berakhir, dan semuanya mjd normal kembali. Aamiiin." tulisnya.


Sebelum umumkan hasil tesnya, Novel sempat mengunggah ulang cuitan dr.Andi Khomeini Takdir, Sp.PD., di Twitter. Dokter spesialis penyakit dalam, sekaligus Founder & Chairman JDN Indonesia, itu membagikan tips untuk menghadapi pandemi Corona.

"Wabahnya masih terus meluas. Jangan gagal fokus dengan berita gosip unfaedah untuk hidup kalian," tulis dokter yang akrab disapa Koko ini, dikutip Minggu (13/9/2020).

Ia juga menyarankan untuk tetap fokus pada :

1. Sikap tenang & waspada
2. Jangan "hands down"
3. Jadikan hidup sehat sebagai budaya
4. Bantu narasi peningkatan fasilitas kesehatan
5. Dengarkan ahlinya.

Dokter Bagikan Tips soal Corona, Novel BaswedanDokter Koko bagikan tips hadapi Corona, di-Retweet Novel Baswedan/ Foto: Twitter @dr_koko28

Tak lama berselang, Novel juga membagikan kiatnya bisa sembuh dari COVID-19. Salah satunya tips dari dokter untuk menjaga kondisi psikologis.

"Hal yang saya lakukan dan konsumsi selama 11 hari isolasi adalah 1. menjaga psikis diri saya dan keluarga agar tetap baik dan tenang. Karena khawatir, takut, marah dan sedih justru membuat imun tubuh tidak bekerja dengan efektif. (Itu yang saya pahami dari beberapa dokter)" tulis Novel Baswedan.

Selain itu, pria 43 tahun ini minum ramuan herbal dan banyak istirahat untuk mengembalikan kekebalan tubuhnya. Ia juga rutin mengonsumsi suplemen, di antaranya, Vitamin C, D, dan Zinc.

"2. Banyak istirahat, agar energi kita optimal digunakan untuk imun tubuh bekerja. 3. Konsumsi ramuan yang berisi herbal dan probiotik. Herbal di antaranya kunyit dan kencur diparut dan diseduh dengan air hangat dicampur dengan madu juga rebusan jahe yang diberi minyak kayu putih setetes," ujarnya.

"Jg rebusan jahe yg diberi minyak kayu putih setetes. Selain itu ada bbrp suplemen yg menurut dokter perlu dikonsumsi, diantaranya VIT C, D, E dan zinc. Semoga bermanfaat Bagi yg sedang sakit semoga lekas sembuh," sambungnya.

Menjaga kondisi fisik memang penting selama masa pandemi Corona. Namun, jangan lupa untuk menjaga kesehatan mental dan psikologis, Bunda.

WHO menganjurkan agar kita meminimalkan menonton, membaca, atau mendengarkan berita tentang COVID-19, yang bisa membuat cemas atau tertekan. WHO juga menyarankan untuk mencari informasi dari sumber terpercaya.

"Mencari informasi hanya dari sumber terpercaya, terutama agar Anda dapat mengambil langkah-langkah praktis untuk menyiapkan rencana untuk Anda dalam melindungi diri sendiri dan orang yang Anda cintai," tulis WHO dalam laman resminya.

"Laporan berita yang tiba-tiba dan hampir konstan tentang suatu wabah dapat menyebabkan siapa saja merasa khawatir. Dapatkan faktanya, bukan rumor dan keterangan yang salah."

Simak juga fakta dan data seputar Corona, di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi