sign up SIGN UP search


moms-life

Cara Investasi Emas untuk Pemula, Bunda Perlu Tahu

Yuni Ayu Amida Jumat, 20 Nov 2020 19:45 WIB
Ilustrasi koin emas caption
Jakarta -

Emas merupakan salah satu instrumen investasi yang aman dan menguntungkan, Bunda. Itu sebabnya harga emas dari tahun ke tahun selalu naik.

Dijelaskan peneliti INDEF, Bhima Yudhistira Adhinegara, emas adalah aset likuid yang jika sewaktu-waktu dibutuhkan bisa dijual atau digadaikan untuk mendapatkan uang. Harga emas juga cenderung stabil dan tidak terpengaruh dampak inflasi, karena itu emas cocok dijadikan sebagai investasi jangka panjang.

Hanya saja, mungkin sebagian Bunda saat ini masih bingung bagaimana cara investasi emas untuk pemula. Padahal sebenarnya untuk membeli emas sangatlah mudah. Ini artinya untuk mulai berinvestasi pun tidak sulit.


Menurut Bhima, jika Bunda ingin mulai investasi emas, hal pertama yang harus dilakukan yakni membuat target berapa gram emas yang ingin dimiliki dalam waktu tertentu.

"Bisa dihitung dulu berapa biaya cicilannya. Kemudian tentukan target misalnya dalam satu bulan harus punya 1 gram atau lebih," katanya, dikutip dari detikcom

Tujuannya agar Bunda memiliki motivasi dan semangat dalam berinvestasi. Selain itu, Bunda juga bisa membeli emas dengan cara mencicilnya.

Bhima mencontohkan, jika harga emas Rp700 ribu, maka Bunda bisa menabung Rp10 ribu selama 70 hari untuk bisa memiliki 1 gram emas, atau Rp50 ribu selama 14 hari untuk 1 gram emas.

Nah, untuk tempat pembeliannya pun Bunda tidak perlu pusing lagi, karena sudah banyak platform yang menyediakan jual beli emas secara digital dan terdaftar di regulator. Misalnya Pegadaian, Antam dan lain sebagainya.

Paling penting, Bhima menyarankan dalam berinvestasi adalah disiplin dan konsisten. Dua hal itu harus diterapkan, Bunda.

"Jangan jor-joran dulu harus konsisten dan disiplin. Pelan-pelan lakukan riset juga dan belajar dari kegagalan orang lain," ujarnya.

Simak juga tips membuat celengan dari botol bekas dalam video ini:

[Gambas:Video Haibunda]

Chow Yun Fat dan istri



(yun/kuy)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi