sign up SIGN UP search


moms-life

4 Cara Memasak Cumi Agar Tidak Alot, Bunda Perlu Tahu

Erni Meilina Sabtu, 26 Dec 2020 18:07 WIB
Cara Memasak Cumi
Cumi Saus Padang or Squid in Padang Sauce on black background. Spicy food from Padang, West Sumatra, Indonesia. caption

3. Direbus

Memasak kering bukanlah satu-satunya cara untuk memasak cumi-cumi, lho. Bunda bisa memasak cumi dengan cara direbus. Caranya adalah dengan rebus cumi dan tentakelnya yang diiris. Masukkan irisan cumi dan tentakel ke dalam air mendidih selama satu menit. 

Setelah mendidih masukkan cumi ke dalam air es. Lalu, campur cumi-cumi yang sudah dingin tersebut dengan sayuran yang diiris tipis seperti seledri, dan bawang merah dan agar lebih segar. Selain itu, cumi-cumi juga enak jika dibuat untuk sup. Cukup tambahkan irisan cumi selama beberapa menit terakhir memasak sup dan cumi siap untuk disajikan.

4. Ditumis

Jika Bunda memiliki sedikit lebih banyak waktu luang, memasak cumi dengan cara di-braise adalah cara yang tepat. Cara memasak cumi dengan di-braise adalah dengan ditutup lalu dibiarkan matang sampai mendidih selama beberapa waktu agar bumbu dan minyak semakin meresap. Bunda bisa menambahkan bawang putih, saus marinara atau kari. Biarkan cumi-cumi mendidih setidaknya selama 30 menit hingga satu jam, atau hingga cumi terasa sangat empuk.


(som/som)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!