sign up SIGN UP search


moms-life

3 Resep Cumi Hitam Pedas, Sederhana dan Mudah dibuat

Hilda Irach Senin, 11 Jan 2021 20:20 WIB
Cumi Hitam, Indonesian Traditional food. Stir Fry Calamari With Black Sauce Ilustrasi cumi hitam/ Foto: Getty Images/iStockphoto/ridzky setiaji

Jakarta - Bagi Bunda penggemar seafood, pasti sudah tidak asing lagi dengan cumi-cumi. Bahan makanan satu ini menjadi salah satu seafood favorit banyak orang di dunia.

Selain karena rasa dan teksturnya yang unik, cumi-cumi dapat diolah menjadi beragam masakan yang lezat. Misalnya, cumi hitam.

Cumi hitam adalah cumi yang dimasak dengan campuran tintanya yang berwarna kehitaman. Sehingga menghasilkan masakan dengan kuah yang berwarna hitam legam.


Karena tampilannya yang kurang menarik, banyak orang yang salah menyangka terhadap masakan ini. Bahkan, beberapa orang enggan dan tak berselera mencicipinya. Padahal, disitulah letak keistimewaan dari masakannya.

Warna hitam yang berasal dari tinta cumi ini membuat rasa masakan menjadi semakin gurih dan nikmat. Cumi hitam biasanya dimasak dengan cara ditumis dengan rempah-rempah pilihan seperti bawang, cabai, lengkuas, jahe, dan masih banyak lagi.

Cumi hitam ini sebenarnya merupakan masakan asal Madura. Namun, kini beberapa daerah telah memodifikasinya menyajikan cumi hitam dengan sedikit kuah.

Meski tampilannya yang kurang menggugah selera, ada banyak manfaat mengonsumsi tinta hitam dari cumi lho, Bunda. Tinta hitamnya mengandung antioksidan yang berperan dalam mencegah kanker. Selain itu, kandungan asam aminonya juga mampu menjaga kesehatan sel otak dan saraf nih, Bunda.

Untuk membuat masakan ini juga mudah. Tidak menggunakan banyak bumbu-bumbu, Bunda akan menghasilkan cumi hitam yang sedap. Dijamin nikmat kala disantap dengan nasi hangat.

Dikutip dari channel YouTube pribadi Reng Dhureh, buku Masakan Seafood Lezat, dan Step by Step 25 Resep Seafood ala Sisca Soewitomo, berikut ini 3 resep cumi hitam sederhana dan mudah.

1. Resep cumi hitam

Bahan:

300 gram cumi-cumi, biarkan tintanya

2 batang daun bawang lokio, iris

2 sdm minyak goreng, untuk menumis

Bumbu:

4 siung bawang putih, iris

2 butir bawang merah, iris

6 buah cabai rawit, iris

2 cm jahe, memarkan

Cara membuat:

1. Panaskan minyak goreng, tumis daun bawang, bawang putih, bawang merah, cabai, dan jahe hingga harum.

2. Masukkan cumi-cumi, aduk rata.

3. Masak hingga cumi matang dan bumbu meresap. Angkat.

Klik BACA HALAMAN BERIKUTNYA ya, Bunda.

Simak juga resep cah timun cumi dalam video berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]

Banner dr.Tirta vs Melly Goeslaw



 

 

(som/som)
Resep Cumi Hitam Pedas, Sederhana dan Mudah dibuat
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi