sign up SIGN UP search


moms-life

5 Cara Menata Ulang Kamar Tidur Sempit di Rumah Minimalis agar Tidak Sumpek

Erni Meiliana Kamis, 14 Jan 2021 03:02 WIB
Mock up frame in bedroom interior, marine room with sea decor and furniture, Coastal style, 3d render Kamar tidur rumah minimalis/ Foto: iStock
Jakarta -

Kamar tidur yang nyaman tidak harus bergaya mewah. Desain minimalis yang elegan pun menghasilkan kamar tidur yang bikin betah penghuninya.

"Kamu bisa membuat rumah lebih menarik dengan desain lebih minimalis," ujar penulis Leo Babauta, dikutip dari Zen Habits.

Nah, kamar tidur juga tak harus luas. Ruangan yang sempit juga dapat ditata supaya tidak terlihat sumpek dan Bunda tetap nyaman.


Berikut ini cara menata ulang kamar tidur sempit di rumah minimalis agar tidak sumpek, dilansir The Spruce.

1. Cermin

Setiap kamar tidur membutuhkan setidaknya satu cermin besar. Tentunya cermin dibutuhkan supaya Bunda lebih mudah bersolek dan bersiap di kamar.

Selain itu, kamar tidur yang kecil bisa menggunakan lebih banyak cermin untuk menambahkan kesan ruangan yang besar. Cermin adalah salah satu cara termudah untuk memberi ilusi mata agar mengira bahwa ruangan lebih besar dari yang sebenarnya.

Misalnya, pintu lemari yang pakai cermin, cermin di atas meja rias, cermin model starburst di atas tempat tidur, maupun cermin kecil di dinding. Pilih dua atau tiga dari cermin-cermin itu, dan lihat kamar tidur Bunda yang secara ajaib akan terlihat lebih luas dengan pantulan cahaya ke berbagai sisi ruangan.

2. Furnitur

Sebuah ruangan sempit tidak berarti harus furnitur kecil, tetapi itu berarti Bunda harus menemukan bagian yang sesuai dengan skala dan ukuran kamar tidur. Pilih tempat tidur yang ukurannya masih sesuai dengan kamar.

Jika memang ingin tempat tidur agak besar tapi masih ada ruang untuk satu meja, pilih saja, bunda. Namun kalau ternyata sudah tak cukup lagi untuk furnitur apapun, lebih baik pilih yang lebih kecil.

Beri meja dan kursi di samping tempat tidur. Lalu gunakan lemari yang juga meninggi ke arah langit-langit untuk menyimpan barang.

3. Singkirkan Barang-barang yang Tidak Terpakai

Jika ada waktu luang, sempatkan untuk membereskan kamar tidur Bunda. Pilah mana saja barang yang masih terpakai dan tidak.

Kalau memang jarang digunakan, tapi sayang untuk dibuang, lebih baik simpan dalam kotak. Lalu tempatkan dalam gudang.

Sehingga masih bisa diambil kembali saat dibutuhkan. Kamar tidur pun jadi lebih lapang dengan hanya berisi barang yang sering digunakan.

Untuk cara lainnya, klik BACA HALAMAN BERIKUTNYA ya, Bunda.

Simak juga video rumah susun sempit disulap jadi luas:

[Gambas:Video Haibunda]

Banner Pramugara SriwijayaFoto: Mia Kurnia Sari
(kuy/kuy)
Cara Menata Ulang Kamar Tidur Sempit di Rumah Minimalis agar Tidak Sumpek
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi