sign up SIGN UP search


moms-life

Hati-hati! Ini 6 Kesalahan Pemakaian Kondom yang Paling Sering Dilakukan

Kinan Rabu, 20 Jan 2021 20:18 WIB
Kesalahan Pemakaian Kondom yang Paling Sering Dilakukan
young woman pierces a condom caption

5. Memakai lubrikan yang tidak tepat

Lubrikan umumnya dipakai untuk membantu melancarkan proses penetrasi. Kadang-kadang lubrikan juga dimanfaatkan untuk mencegah bahan lateks pada kondom robek. Tapi perhatikan jenis lubrikan sebelum menggunakannya.

Menurut Streitcher, tidak semua lubrikan bersifat condom-friendly. Artinya, ada beberapa jenis lubrikan yang justru bisa merusak kualitas kondom. Salah satunya yakni lubrikan berbahan dasar minyak. Supaya lebih aman, lebih baik pilih lubrikan berbahan dasar air atau silikon.

6. Menyimpan di saku celana atau dompet

Kebanyakan kondom disimpan di tempat yang mudah dibawa, misalnya di saku celana atau bahkan diselipkan di dompet. Meski dianggap lebih praktis, ini justru dapat merusak kualitas kondom dan menurunkan efektivitasnya.


Alasannya, saat disimpan di saku celana maka panas dari tubuh akan merusak bahan kondom. Kondom pun jadi rentan bocor saat digunakan.

Maka dari itu, kondom sebaiknya disimpan di tempat yang sejuk dan kering. Hindari tempat yang lembap, panas dan terkena paparan sinar matahari langsung.

Demikian informasi tentang kesalahan pemakaian kondom yang banyak dilakukan. Jangan lupa ingatkan suami untuk berhati-hati dan teliti sebelum memakainya, ya!

(kuy/kuy)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!