sign up SIGN UP search

moms-life

Cara Memasak Nasi Dalam Jumlah Banyak yang Pulen dan Tidak Gampang Basi

Mutiara Putri   |   Haibunda Senin, 08 Mar 2021 17:36 WIB
CARA MEMASAK NASI PULEN
Cooked rice in a clay pot caption

3. Masukkan beras ke wajan

Setelah dibersihkan, Bunda bisa memasukkan beras secara perlahan ke wajan. Aduk beras secara terus menerus ya, Bunda. Pastikan air beras mengering dan menyusut.

4. Kukus

Matikan kompor setelah air di wajan mengering ya, Bunda. Langkah selanjutnya, Bunda perlu siapkan panci untuk mengukus nasi, dengan 4 liter air di dalamnya.

Pindahkan nasi yang sudah setengah jadi ke dalam kukusan. Tusuk-tusuk bagian atasnya dengan sendokĀ nasi agar udara masuk ke bagian tengahnya. Kukus hingga air mendidih.


5. Aduk

Setelah air dalam kukusan mendidih, kecilkan api kompor. Lanjut masak nasi dengan api sedang selama sekira 1 jam. Namun saat sudah setengah jam, Bunda sempatkan dulu untuk mengaduk nasi, supaya matang merata.

Tutup panci, lanjutkan memasak setengah jam lagi. Setelah matang, pindahkan ke dalam termos nasi besar. Nasi pun bisa bertahan hingga 24 jam lho, Bunda. Cocok buat Bunda yang menggunakan nasi ini untuk usaha kuliner.

(mua/kuy)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!