sign up SIGN UP search


moms-life

4 Tips Penting Agar Daun Tanaman Hias Alokasia Mengilap dan Rimbun

Vauri Audia   |   Haibunda Kamis, 18 Mar 2021 03:00 WIB
CARA AGAR DAUN ALOKASIA MENGILAP
Potted Alocasia Cucullata on the Wooden Table of Upper Floor Terrace with Blurry Backyard in Background caption

3. Daun Mengilap

Jenis daun alokasia dikelompokkan menjadi dua, yaitu dengan permukaan halus dan permukaan bertekstur kasar seperti beludru. Untuk tanaman hias alokasia berdaun halus, bisa dilakukan dengan pengelapan menggunakan leaf shine seminggu sekali.

Alternatif lain, Bunda bisa juga gunakan susu murni, lotion, soft drink, atau santan beku sebagai pengganti cairan bahan pengilap. Sementara pada daun tanaman hias alokasia yang menyerupai beludru, Bunda cukup memulasnya menggunakan kuas halus saja.

4. Daun Rimbun dan Kompak

Semakin banyak tunas yang muncul, maka daun tanaman hias alokasia yang akan tumbuh akan semakin rimbun. Pemandangan tersebut merupakan idaman bagi pencinta tanaman hias ya, Bunda. Untuk mendapatkan daun yang rimbun, maka kunci utamanya terdapat pada pemilihan media tanam yang tepat untuk menunjang pertumbuhan tanaman agar menjadi subur dan daunnya pun kian kompak.


Bunda bisa mencoba menggunakan media tanam dengan tingkat keasaman 6-7,6 pH untuk tanaman hias alokasia. Prinsipnya, media harus porous, namun tetap bisa menahan kelembapan.

Jika media yang Bunda pilih terlalu keras, maka akan menyebabkan akar sulit bergerak dan bernapas, hingga penyerapan nutrisi pun tak maksimal. Pastikan juga agar penyiraman air pada tanaman hias juga tidak berlebih yang dapat memicu pembusukan pada akar dan batang.

Selain pemilihan media tanam, untuk menghasilkan daun yang kompak bisa dilakukan dengan mendorong pertumbuhan tunas baru dengan memotong daun tua, daun kurang sehat, atau daun tumbuh yang acak-acakan.

Selain itu, mengikatkan penyangga pada tangkai daun juga bisa Bunda coba untuk menunjang pertumbuhan tanaman hias alokasia. Pilihlah penyangga yang terbuat dari bahan kayu, bambu, plastik, atau kawat besi. Jika tanaman hias sudah tumbuh tegak dan mantap, maka penyangga pun bisa langsung dilepaskan.

(kuy/kuy)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!