sign up SIGN UP search


moms-life

4 Cara Merawat Tanaman Hias Bonsai Agar Subur

Vauri Audia Rabu, 31 Mar 2021 17:32 WIB
CARA MERAWAT BONSAI
Komunitas Young Bonsai Kampung Bali, Tanah Abang, Jakarta, terus berupaya agar tetap kreatif. Di masa pandemi ini, mereka terjun untuk memberdayakan warga. caption

3. Membentuk Bonsai Sesuai Keinginan

Bonsai dapat dipangkas dan disambungkan menjadi bentuk yang indah. Caranya, Bunda bisa menggunakan gunting dahan yang tajam untuk memotong ranting yang mati atau yang tidak diinginkan, lalu ikatkan ranting lainnya dengan kawat dan arahkan sesuai keinginan.

Pemakaian kawat berfungsi untuk menjaga ukuran batang tetap kerdil. Tahapan cara yang satu ini jangan pernah Bunda lewatkan, karena tanaman hias bonsai akan selalu tumbuh dan berkembang.

4. Pemupukan dan Pemberian Nutrisi

Pastikan Bunda memupuk bonsai, terutama selama musim tanamnya. Supaya bonsai tumbuh semakin subur, jangan lupa untuk menggunakan pupuk yang kaya akan manfaat.


Bunda bisa gunakan pupuk kompos yang kaya akan unsur hara, sehingga bonsai berkembang sesuai gen tanaman aslinya. Sedangkan, pupuk kandang berguna untuk memberikan nutrisi tambahan. Pilihlah pupuk kandang dari kotoran kambing yang sudah matang.

Selain itu, pastikan kelembapan media tanam tetap terjaga supaya akar tidak mudah busuk dan terserang penyakit, seperti cacing, serta serangga. Oleh karena itu, Bunda perlu menyaring media tanam untuk mencegah risiko serangan hama pada tanaman.

(kuy/kuy)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!

Rekomendasi