sign up SIGN UP search


moms-life

Alya Lawindo, Guru Ngaji Cantik yang Aktif Promosikan Budaya Minang di AS

Asri Ediyati Rabu, 05 May 2021 13:53 WIB
Alya Lawindo Alya Lawindo/ Foto: Instagram @alyalwndo
Jakarta -

Seberapa jauh kita melangkah, kita pasti punya satu tempat yang disebut rumah. Seperti Alya Sarah Lawindo yang tak lupa dengan asal-usulnya meski lahir dan besar di Amerika Serikat.

Perempuan berdarah Minang itu terinspirasi dari bundanya yang bertahun-tahun ajari anak-anak Indonesia mengaji. Dilansir VOA Indonesia, masih berusia 19 tahun, Alya Lawindo aktif menjadi guru ngaji untuk anak-anak di komunitas muslim Indonesia.

Perempuan yang lahir di Washington DC, Amerika Serikat itu rutin mengajar ngaji anak-anak di komunitas setiap hari Minggu, Bunda. Ia menjadi guru ngaji bagi anak-anak tingkat sekolah dasar (SD) di AS lewat IMAAM Madrasah Sunday School.


"Bunda dari dahulu pernah jadi guru ngaji di madrasah sudah bertahun-tahun. Dan pas Alya sudah remaja, Alya sudah berpikir mungkin sudah waktunya kasih berbalik lagi (membalas) kasih anak (belajar ngaji)."

Banner Dekor RumahBanner Dekor Rumah/ Foto: Mia Kurnia Sari

Setiap hari Minggu, Alya mengajar 4 sampai 5 orang murid dengan kisaran usia 5 hingga 12 tahun, Bunda.

"Yang paling besar reward-nya itu jadi guru ngaji itu bisa lihat anak-anak improvement-nya ya. Bulan pertama masih agak kaku, tapi pas sudah selesai, bisa keluar, bisa move on ke kelas yang berikutnya," tutur Alya.

Alya sendiri adalah mahasiswi S1 di American University, di Washington DC. Ia mengambil jurusan Hubungan Internasional.

Terinspirasi dari kedua orang tuanya, Alya turut melestarikan budaya dari asal-usulnya yaitu Sumatra Barat dan sudah aktif promosikan budaya Minang sejak usia 6 tahun. Alya, bersama dengan orang tuanya yang mendirikan kelompok budaya Rumah Gadang USA.

"Kami mengikuti bermacam festival di antaranya Richmond Folklive Festival, Smithsonia Folklive Festival, the Kennedy Center. Di samping itu kamu sering mengisi acara budaya di Kedutaan Besar Republik Indonesia di Washington DC," ungkap Alya.

Disebut sang ayah, Alya sudah menunjukkan kecerdasan dan bakat seni dari kecil. Baca kelanjutannya di halaman berikutnya.

KATA AYAHNYA, ALYA SUDAH TUNJUKKAN BAKATNYA SEJAK DINI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi