sign up SIGN UP search


moms-life

Waspada Varian Delta, Ini Cara Penuhi Mikronutrien Penting untuk Tubuh

Annisa A Kamis, 22 Jul 2021 19:40 WIB
7 Makanan Kaya Zinc dan Vitamin untuk Jaga Imunitas Tubuh Ilustrasi Mikronutrien / Foto: iStock
Jakarta -

Virus SARS-CoV-2 penyebab COVID-19 terus bermutasi. Dalam beberapa bulan terakhir, varian baru Corona mulai bermunculan satu demi satu. Imunitas tubuh menjadi benteng pertahanan kita saat ini, Bunda.

Pada 18 Desember 2020, WHO menyatakan ada dua varian Corona baru dari Inggris (Alpha) dan Afrika Selatan (Beta). Kemudian ada B.1617.2 atau varian Delta yang teridentifikasi di India pada 11 Mei 2021.

Varian Delta yang diklaim 10 kali lebih menular ini sudah masuk ke Indonesia sejak 3 April 2021, Bunda. Mutasi baru ini bahkan dilaporkan telah mendominasi 90 persen kasus COVID-19 di DKI Jakarta.

"Peningkatan kasus COVID-19 di Indonesia salah satunya disebabkan dari varian Delta yang menyebar 10 kali lebih cepat. Mutasi virus ini punya suatu kelihaian yaitu mengelabui antibodi di dalam tubuh," ujar kata dr. Muhammad Syahril Mansyur Sp.P, MPH, Direktur Utama RSPI Sulianti Saroso Jakarta di webinar Kalbe Edukasi, Rabu (21/7/2021).

Dapat menular lebih cepat, mengikuti protokol kesehatan dan program vaksinasi saja tak cukup untuk menghalau varian delta, Bunda. Dokter menyarankan untuk memperkuat imunitas tubuh dengan booster vitamin.

Distribusi vaksin yang masih memerlukan proses panjang untuk mencapai herd immunity. Selain itu, setiap vaksin memiliki efikasi dan respon yang berbeda-beda di setiap tubuh penerima dalam menangkal virus.

"Ada berbagai faktor yang mempengaruhi respon tubuh terhadap vaksinasi. Salah satunya dengan mengonsumsi mikronutrien. Hal itu harus dipenuhi agar efikasinya lebih optimal," ujar dr.Esther Kristiningrum, Medical Senior Manager PT Kalbe Farma Tbk.

Adapun yang dimaksud dengan mikronutrien adalah zat yang diperlukan tubuh dalam jumlah kecil seperti vitamin, mineral, dan air. Ketiganya diperlukan untuk memperkuat daya tahan tubuh. Kurangnya mikronutrien dapat mengakibatkan penurunan kekebalan tubuh dan peningkatan risiko penyakit.

Pada mikronutrien, ada beberapa jenis vitamin dan mineral yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Simak di halaman selanjutnya.

Bunda, saksikan juga video panduan isolasi mandiri untuk anak yang terkena COVID-19:


[Gambas:Video Haibunda]

FUNGSI MIKRONUTRIEN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi