sign up SIGN UP search


moms-life

7 Bahan Obat Tradisional untuk Meningkatkan Gairah Seksual Wanita

Kinan   |   Haibunda Minggu, 04 Jul 2021 21:45 WIB
OBAT TRADISIONAL PENINGKAT GAIRAH SEKS WANITA DAN CARA MENGONSUMSINYA
Passionate woman gently kissing man on with romantic kiss.desire lying on bed, young tender lover enjoys touching soft skin of sensual sexy lady moaning having sex. caption

4. Fenugreek

Fenugreek adalah ramuan obat tradisional yang sering digunakan, terutama sebagai suplemen. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa fenugreek dapat dijadikan bahan obat tradisional untuk meningkatkan gairah seksual wanita.

Salah satu penelitian menyimpulkan bahwa fenugreek berpotensi efektif bagi libido. Meski begitu, studi lebih lanjut masih dibutuhkan untuk menemukan potensi fenugreek terhadap kesehatan seks pada wanita.

Bunda dapat menemukan fenugreek di toko obat tradisional yang umumnya dijual dalam bentuk kapsul atau ekstrak cair.


5. Maca

Menurut sebuah penelitian, maca berpotensi menjadi obat tradisional untuk mengobati disfungsi seksual akibat antidepresan pada wanita pascamenopause.

Selain itu, maca sejak dulu juga telah digunakan untuk meningkatkan kesuburan dan gairah seksual pada wanita.

Umumnya obat tradisional berbahan maca dijual dalam bentuk kapsul, ekstrak cair atau juga bubuk.

6. L-arginine

L-arginine adalah asam amino yang memiliki banyak fungsi dalam tubuh. Salah satunya dibutuhkan oleh tubuh untuk membuat oksida nitrat, senyawa yang membantu mengendurkan pembuluh darah dan memungkinkan darah mengalir lebih lancar melalui arteri.

Dilansir Very Well Health, dalam studi komprehensif, L-arginine terbukti efektif untuk disfungsi seksual pada wanita.

7. Damiana

Damiana (Turnera diffusa) adalah ramuan yang digunakan secara tradisional oleh suku Maya di Amerika Tengah untuk meningkatkan fungsi seksual pada pria maupun wanita.

Bahan herbal ini dilaporkan dapat menjadi afrodisiak, stimulan, sekaligus membantu memperbaiki suasana hati.

Namun demikian, efektivitas penggunaan damiana sebagai afrodisiak masih membutuhkan studi mendalam lebih lanjut.

Apa yang perlu diperhatikan sebelum mengonsumsi obat tradisional ini?

Pilihan obat tradisional atau bahan herbal untuk meningkatkan gairah seksual wanita sudah banyak, namun sebaiknya Bunda tetap sangat berhati-hati dalam menggunakannya.

Tidak seperti obat medis berbahan kimia atau obat resep, penggunaan obat tradisional atau suplemen tidak diatur secara ketat untuk keamanan dan efektivitasnya.

Jika Bunda mempertimbangkan untuk menggunakan suplemen atau bentuk pengobatan alternatif lain untuk mengatasi gairah seksual rendah, sebaiknya konsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Ada banyak penyebab dari masalah penurunan gairah seksual, yang pengobatannya pun bisa berbeda-beda. Jadi, diskusikan situasi spesifik Bunda dengan dokter agar penggunaan suplemen bisa lebih efektif, ya.

(fia/fia)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!