sign up SIGN UP search


moms-life

Bunda Wajib Tahu! 10 Cara Meningkatkan Gairah Seks Suami Secara Alami

Kinan   |   Haibunda Jumat, 25 Jun 2021 21:45 WIB
Loving joyful young couple embracing and cooking together, having fun in the kitchen caption

Pria selalu identik dengan gairah seks tinggi, namun beberapa kondisi tertentu dapat membuat yang terjadi justru sebaliknya. Hmm, bagaimana ya cara meningkatkan gairah seks suami secara alami?

Menurut pakar kesehatan seks, Irwin Goldstein, MD, nyatanya pria tak selalu memiliki gairah seks tinggi. Selain disebabkan oleh faktor psikis, kondisi ini juga bisa dipicu oleh masalah komunikasi, rasa jenuh, atau bahkan masalah medis.

Penyebab gairah seks menurun

Penurunan gairah seks pada pria umumnya disebabkan oleh faktor penuaan. Namun ini dapat berbeda-beda pad tiap orang. Seperti kebanyakan sifat manusia lainnya, dorongan seks juga dapat bervariasi.


Beberapa penyebab gairah seks suami bisa drop misalnya:

Masalah psikologis

Stres dan kecemasan dari kehidupan sehari-hari, masalah keluarga, dan masalah pekerjaan merupakan beberapa di antara banyak faktor psikis pemicu turunnya hasrat seksual.

Masalah medis

Masalah kesehatan seperti diabetes, obesitas, tekanan darah tinggi, dan kolesterol tinggi juga berisiko dapat memengaruhi hasrat seksual secara negatif.

Ketidakseimbangan hormonal

"Testosteron adalah hormon yang memengaruhi gairah seks, baik untuk wanita dan juga pria. Tingkat testosteron yang rendah biasanya berkaitan dengan gairah seks yang rendah pula," ujar Goldstein.

Tingkat testosteron menurun seiring bertambahnya usia. Penyebab lainnya termasuk penyakit kronis dan obat-obatan tertentu.

Banner Diusir Warga Karena Tertular Covid dari Anak

Cara meningkatkan gairah seks secara alami

Beberapa trik untuk membantu meningkatkan gairah seks secara alami di antaranya:

1. Latihan fisik teratur

Sesibuk apa pun, jangan lupa tetap rutin melakukan olahraga secara teratur. Menurut penelitian di Journal of Sexual Medicine pada tahun 2013, sekitar 200 menit aktivitas aerobik intensitas sedang dalam seminggu dapat meningkatkan gairah seks.

2. Mengendalikan berat badan

"Ini sangat penting jika suami memiliki berat badan berlebih dan berisiko mengalami obesitas," imbuh ahli urologi Rena Malik, MD, dari University of Chicago Medical Center.

Selain itu, studi dalam Journal of Sexual Medicine yang diterbitkan pada tahun 2014 menyebutkan bahwa memiliki lebih sedikit lemak perut berkorelasi dengan peningkatan hasrat seks pada pria.

3. Kontrol pola makan

Dalam sebuah penelitian terhadap pria obesitas dengan diabetes tipe 2, mengurangi sekitar 600 kalori sehari dengan diet rendah lemak, protein tinggi, dan karbohidrat sedang efektif dalam meningkatkan gairah seks. Demikian dipublikasikan dalam Journal of Sexual Medicine pada tahun 2011.

Simak tips-tips lain di halaman selanjutnya ya, Bunda!

KOMUNIKASI HINGGA FANTASI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!