sign up SIGN UP search


menyusui

3 Obat Alami untuk Atasi Mual Saat Manyusui, Bunda Bisa Coba Teh Jahe

Annisa Karnesyia Minggu, 27 Jun 2021 17:15 WIB
Portrait of a loving mother in sofa breastfeeding baby girl. Newborn child fed with breast milk by mom. caption
Jakarta -

Bunda sering mengalami mual selama menyusui? Mual enggak mana terjadi di awal kehamilan, tapi juga di minggu-minggu awal menyusui lho.

Sebagian kecil Bunda melaporkan mual saat menyusui setelah melahirkan. Rasa mual dilaporkan hilang memasuki akhir minggu keenam sampai kedelapan.

Menurut konsultan laktasi Kelly Bonyata, BS, IBCLC, mual dapat terjadi karena pelepasan hormon oksitosin selama proses menyusui. Hormon ini berhubungan dengan pengeluaran ASI dan sistem pencernaan.


"Oksitosin adalah hormon yang menyebabkan refleks pengeluaran ASI, membantu pencernaan lebih efisien, dan berhubungan dengan hormon di usus yang dapat menyebabkan mual," kata Bonyata, dilansir Kelly Mom.

Mual saat menyusui juga bisa disebabkan dehidrasi ringan, kadar gula darah rendah, atau kelelahan. Untuk itu, selama menyusui, Bunda disarankan untuk banyak minum air putih dan konsumsi makanan bergizi.

Selama menyusui, Bunda membutuhkan sekitar 400 hingga 500 kalori tambahan. Nutrisi yang enggak cukup bisa menyebabkan rasa lapar dan meningkatkan risiko refluks asam, penyebab mual.

Mual saat menyusui termasuk jarang terjadi. Bila Bunda mengalaminya hingga mengganggu aktivitas menyusui, coba konsultasikan ke dokter atau konsultan laktasi ya. Selain itu, Bunda juga dapat melakukan tindakan lain untuk mengatasi.

Selain konsumsi obat yang diresepkan dokter, Bunda dapat mengatasi mual dengan obat alami. Selain mudah dibuat, obat alami juga kebanyakan aman digunakan saat menyusui.

Berikut telah HaiBunda rangkum 3 obat alami yang bisa atasi mual saat menyusui:

1. Teh peppermint

Beberapa orang menganggap teh peppermint bisa menyegarkan tubuh, Bunda. Food and Drug Administration (FDA) mengategorikan teh peppermint aman dikonsumsi.

Teh ini memang bisa mengatasi rasa mual saat Bunda menyusui. Namun, jangan minum secara berlebihan karena bisa memperburuk mual dan menyebabkan perut mulas.

Baca halaman berikutnya ya.

Simak juga tips memperbanyak ASI saat menstruasi, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

OBAT MUAL IBU MENYUSUI: TEH JAHE DAN AROMA OIL
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi