sign up SIGN UP search


moms-life

Syarat Berkurban dan Larangan yang Perlu Dihindari Sebelum Idul Adha

Annisa Karnesyia Selasa, 13 Jul 2021 15:08 WIB
Kurban Idul Adha caption
Jakarta -

Berkurban saat Hari Raya Idul Adha memiliki keutamaan tersendiri dalam Islam. Hakikatnya, kurban adalah sebuah ibadah untuk mendekatkan diri ke Allah SWT, Bunda.

Mengutip laman Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS), kata kurban (qurban) dalam bahasa Arab berasal dari akar kata Qaraba, Yaqrabu, Qurbaanan yang artinya mendekatkan diri kepada Allah SWT. Ibadah kurban ini juga mengajarkan agar manusia senantiasa memperhatikan nasib orang kecil atau bagi mampu harus mengasihi orang yang lebih lemah.

Perintah berkurban adalah wajib bagi yang mampu dan tertuang dalam beberapa dalil di Al-Qur'an, seperti di Surat Al-Kautsar ayat 2 yang berbunyi:


"Maka laksanakanlah sholat karena Tuhanmu, dan berkurbanlah (sebagai ibadah untuk mendekatkan diri kepada Allah)." (Al-Kautsar: 2)

Syarat muslim berkurban

Menurut Imam Malik dan Imam al-Syafi'i, ibadah kurban hukumnya adalah sunnah muakkadah, yaitu ibadah yang sangat dianjurkan sekali (kuat). Sementara itu, menurut Imam Abu Hanifah, ibadah kurban ini hukumnya wajib bagi mereka yang mampu dan tidak dalam keadaan safat (bepergian).

Tentunya, kurban diperuntukkan bagi Muslim yang telah baligh atau dewasa ya, Bunda. Orang tersebut juga sehat atau berakal.

Banner Penyebab Janin Tidak BerkembangBanner Penyebab Janin Tidak Berkembang/ Foto: Mia Kurnia Sari

Syarat hewan untuk kurban

Melansir dari laman BAZNAS dan Kementerian Agama (Kemenag), berikut 4 syarat hewan kurban:

1. Jenis hewan

Jenis hewan yang digunakan untuk kurban adalah jenis binatang ternak, misalnya unta, sapi, kambing, dan domba. Terkait jenis kelamin hewan, Bunda bisa berkurban hewan jantan atau betina. Ketentuan jenis kelamin hewan kurban ini tidak dijelaskan dalam suatu nash, baik Al-Qur'an atau hadis.

2. Usia hewan

Usia hewan yang akan dikurban harus cukup umur ya. Artinya, hewan kurban ini memiliki sepasang gigi tetap.

Untuk kurban unta minimal berusia 5 tahun dan telah masuk tahun ke-6. Sedangkan sapi minimal berusia 2 tahun dan telah masuk tahun ke-3. Domba untuk hewan kurban harus berusia 1 tahun. Sementara kambing berusia minimal 1 tahun dan telah masuk tahun ke-2.

"Dari Jabir berkata: bersabda Rasulullah SAW janganlah kamu menyembelih untuk kurban melainkan yang 'musinnah' (berumur dua tahun), jika kamu sukar memperolehnya maka sembelihlah hewan yang berumur satu tahun." (HR. Jama'ah selain Bukhari)

Baca halaman berikutnya untuk tahu syarat kurban lainnya, Bunda.

Simak juga tips mengajarkan anak tentang berkurban dari Bunda seleb di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

SYARAT HEWAN KURBAN: SEHAT DAN TIDAK CACAT
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!