sign up SIGN UP search


moms-life

Syarat Berkurban dan Larangan yang Perlu Dihindari Sebelum Idul Adha

Annisa Karnesyia Selasa, 13 Jul 2021 15:08 WIB
SYARAT HEWAN KURBAN: SEHAT DAN TIDAK CACAT
Kurban Idul Adha caption

3. Kondisi hewan

Kondisi hewan kurban hendaknya dalam keadaan sehat bebas dari aib, dalam artian harus memiliki anggota tubuh yang lengkap, tidak cacat, atau tidak memiliki penyakit lainnya. Ini berarti hewan kurban sehat, diupayakan memiliki tubuh besar, gemuk, daging banyak, dan fisik yang sempurna.

Dalam hadis dijelaskan:

"Dari Bara’ Ibn ‘Azib berkata: Rasulullah SAW bersabda: Empat macam binatang yang tidak boleh dijadikan binatang kurban, yaitu yang buta lagi jelas kebutaannya, yang sakit lagi jelas sakitnya, yang pincang lagi jelas kepicangannya dan binatang yang kurus kering dan tidak bersih." (HR. Abu Dawud dan Ibnu Majah)


Hewan kurban harus bagus bahkan sempurna karena ini adalah bagian dari ibadah kepada Allah SWT. Selain itu, hewan kurban adalah wujud dari ketakwaan kita dalam rangka mendekatkan diri kepada Allah SWT.

4. Kepemilikan hewan

Hewan kurban haruslah milik sendiri ya, Bunda. Hewan kurban juga bisa merupakan hasil ternak sendiri atau lewat jual beli yang sah.

Kita tidak boleh memberikan hewan kurban yang berasal dari mencuri atau masih berstatus gadai atau hewan warisan yang belum dibagi.

Saat berkurban, terdapat juga pandangan tentang larangan memotong kuku dan rambut lho, Bunda. Simak penjelasan lengkap di halaman berikutnya ya.

KETENTUAN MEMOTONG KUKU DAN RAMBUT BAGI YANG BERKURBAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!