sign up SIGN UP search


moms-life

Syarat Berkurban dan Larangan yang Perlu Dihindari Sebelum Idul Adha

Annisa Karnesyia Selasa, 13 Jul 2021 15:08 WIB
KETENTUAN MEMOTONG KUKU DAN RAMBUT BAGI YANG BERKURBAN
Nail technician clipping customers nails at the nail salon caption

Salah satu ketentuan dalam berkurban adalah larangan memotong kuku dan rambut. Untuk hal yang satu ini, ada beberapa pendapat ulama yang berbeda, Bunda.

Dikutip dari laman MUI (Majelis Ulama Indonesia), setidaknya ada tiga mahzab yang berpandangan berbeda dalam membahas ketentuan memotong kuku dan rambut ini. Berikut penjelasannya:

1. Para ulama dari mazhab Hambali mengatakan, hukumnya wajib menjaga diri untuk tidak mencukur rambut dan memotong kuku, bagi yang hendak berkurban sejak masuk Zulhijah hingga selesai penyembelihan hewan kurban.


2. Mazhab Maliki dan Syafi'i, berpandangan bahwa disunahkan untuk tidak mencukur rambut dan memotong kuku bagi yang akan berkurban. Hal itu dilakukan dari mulai tanggal 1 Zulhijah sampai selesai penyembelihan hewan kurban.

3. Pengikut mazhab Hanafi menyatakan bahwa larangan untuk mencukur rambut dan memotong kuku hanya diberlakukan pada orang-orang berihram saja. Baik ihram haji atau umrah. Sedangkan orang-orang yang berkurban di Tanah Air, tidak berkewajiban untuk menahan diri memotong rambut dan kuku.

Pada intinya, memotong kuku dan rambut bukan sebagai sebuah larangan yang bersifat haram dalam syarat sah berkurban.

(ank)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!