sign up SIGN UP search


moms-life

Niat dan Tata Cara Mandi Keramas Sebelum Salat Idul Adha

Juan Satya Senin, 19 Jul 2021 12:28 WIB
TATA CARA MANDI KERAMAS SEBELUM SALAT IDUL ADHA
Fresh shower behind wet glass window with water drops splashing. Water running from shower head and faucet in modern bathroom. caption

Agar dapat menjalani salat Idul Adha dalam keadaan suci, Bunda harus bersuci dengan tepat. Berikut ini adalah tata cara mandi keramas yang tepat sebelum salat Idul Adha. Mari disimak ya, Bunda.

  1. Sebelum melakukan mandi keramas, bunda wajib membaca niat ya. Niat ini ditujukan kepada Allah SWT untuk menyucikan diri dan menghilangkan hadas besar.
  2. Setelah selesai membaca niat, Bunda dapat mencuci tangan terlebih dahulu sebanyak tiga kali sebelum tangan dimasukkan ke dalam ember atau bak sebelum mandi.
  3. Setelah mencuci tangan, Bunda dapat membersihkan kemaluan dengan menggunakan tangan kiri. Bersihkan kemaluan dari arah depan ke belakang supaya tidak ada kotoran atau bakteri dari bagian dubur ke arah kemaluan.
  4. Setelah sudah sudah dibersihkan, Bunda dapat membersihkan tangan dengan menggosokkannya ke lantai atau dengan menggunakan sabun.
  5. Setelah tangan Bunda sudah bersih, Bunda dapat melakukan wudhu dengan sempurna seperti saat Bunda hendak ingin salat.
  6. Ketika Bunda sudah selesai berwudhu, Bunda dapat mengguyur kepala sebanyak tiga kali.
  7. Bunda dapat membersihkan kepala dan rambut dengan memasukkan tangan ke dalam air lalu mulai menggosokkan ke bagian kepala melalui sela-sela rambut. Setelah itu, Bunda dapat membilasnya sebanyak tiga kali.
  8. Setelah rambut telah dibasuh, Bunda dapat memulai menggosokkan tubuh dari bagian atas hingga bawah, serta bagian depan dan belakang sebanyak tiga kali.
  9. Terakhir, Bunda dapat membilas seluruh anggota tubuh dengan menggunakan air mengalir yang dimulai dari bagian sisi kanan terlebih dahulu kemudian beralih ke sisi kiri. 

Bunda itulah niat dan tata cara mandi keramas sebelum melaksanakan salat Idul Adha. Dengan melaksanakan mandi sunnah ini, diharapkan dapat menyucikan umat Muslim pada saat hari raya. Selamat menyambut Hari Raya Idul Adha 1442 H bersama keluarga, Bunda.


(fia/fia)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!