sign up SIGN UP search


moms-life

5 Tips Simpan Daging Kurban Agar Tahan Lama, Jangan Dicuci Bun

Mutiara Putri Senin, 19 Jul 2021 17:25 WIB
Nabi Muhammad SAW Pecinta Daging, Ini Jenis Daging Kesukaannya Ilustrasi Daging Kurban/Foto: iStock
Jakarta -

Hari Raya Idul Adha identik dengan pemotongan kambing atau sapi, Bunda. Oleh karena itu, Hari Raya Idul Adha juga kerap disebut sebagai hari raya kurban.

Setelah pemotongan sapi dan kambing, biasanya Bunda akan mendapatkan beberapa kilogram daging dari tetangga, nih. Sayangnya, jumlah daging yang banyak ini tak akan habis dikonsumsi dalam satu hari, Bunda.

Kalau daging kurban Bunda tak habis, itu tandanya daging perlu disimpan dengan benar agar lebih tahan lama, Bunda. Sebelum menyimpan, pahami dahulu cara mengemas daging yang tepat agar bisa awet dalam jangka waktu yang lama, ya.


Jangan bingung, Bunda. Ada informasi yang bisa Bunda coba, nih. Simak tipsnya berikut ini ya, Bunda.

1. Tak perlu dicuci

Kalau biasanya Bunda mencuci daging terlebih dahulu sebelum disimpan dalam kulkas, maka Bunda perlu menghentikan kebiasaan ini. Agar daging lebih tahan lama,Bunda tak perlu mencucinya, nih.

Daging yang sudah dibasahi dengan air keran rentan terserang bakteri jika tidak cepat diolah, Bunda. Namun, kalau Bunda langsung mengolah daging, maka daging wajib dicuci.

2. Taruh dalam wadah dan tutup rapat

Jangan biasakan untuk menyimpan daging kurban menggunakan plastik dari panitia kurban, Bunda. Lebih baik keluarkan daging dari plastik dan pindahkan ke wadah yang tertutup rapat.

Daging yang tersimpan dalam kulkas dan tertutup rapat akan bertahan hingga satu tahun lamanya, Bunda. Daging yang tersimpan dalam potongan besar akan butuh waktu lama untuk dicairkan. Karena itu, pastikan Bunda sudah memotongnya dengan ukuran kecil.

Kira-kira apa lagi tips yang bisa dilakukan agar daging kurban awet dan tahan lama ya, Bunda?

TERUSKAN MEMBACA KLIK DI SINI.

(mua/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi