sign up SIGN UP search


moms-life

3 Tips Menyimpan Daging Kurban di Kulkas agar Tetap Segar dan Lezat

Mutiara Putri Kamis, 22 Jul 2021 14:12 WIB
5 Tips Rebus Daging Biar Empuk Ini Gampang Dicontek caption
Jakarta -

Meski sudah berlalu, namun suasana Hari Raya Idul Adha masih terasa nih, Bunda. Terlebih setelah Bunda mendapatkan daging kurban berupa sapi atau kambing.

Saking banyaknya, Bunda tak mungkin mengolah seluruh daging dalam satu hari, ya. Karena itu, Bunda perlu menyimpan daging kurban yang belum diolah dengan benar.

Menyimpan daging yang baik sangat penting untuk diketahui nih, Bunda. Semua jenis daging harus ditangani dengan benar sehingga daging tak busuk dan bisa diolah.


Berbagai jenis bakteri bisa merusak dan dapat menyebabkan keracunan makanan, Bunda. Pada daging, sebagian besar bakteri adalah bakteri pembusuk dan bakteri patogen.

Banner Mantan Driver Ojol Beli Rumah Rp1,6 MBanner Mantan Driver Ojol Beli Rumah Rp1,6 M/ Foto: Mia Kurnia Sari

Bakteri pembusuk menyebabkan daging berubah aroma, warna, dan rasa. Namun biasanya tidak mempengaruhi keamanan dalam makanan.

Sementara itu, bakteri patogen berbahaya untuk dimakan meski tidak menyebabkan perubahan pada bau, penampilan, bahkan rasa. Meski terasa enak, kalau bakteri sudah menyebar ke daging, maka harus segera dibuang. Bakteri ini akan mulai tumbuh jika daging tidak didinginkan selama dua jam atau lebih.

Untuk menghindari kebusukan pada daging, ada beberapa cara terbaik menyimpan daging nih, Bunda. Daging yang disimpan dengan baik tentu akan bertahan lebih lama, terasa lebih lezat, bahkan meminimalisir kerusakan.

Tips menyimpan daging di kulkas

Menyimpan daging kurban paling baik di dalam kulkas, Bunda. Sebelumnya, perhatikan terlebih dahulu tips menyimpannya berikut ini yang dilansir dari laman My Chicago Steak.

1. Vakum daging

Vakum adalah salah satu cara terbaik untuk membuat kualitas daging kurban Bunda tetap terjaga. Penyegel vakum bekerja untuk menghilangkan semua oksigen dari kemasan yang Bunda gunakan untuk menyimpan daging.

Perlu diingat, bakteri akan tumbuh dengan bantuan oksigen, Bunda. Dengan vakum, hampir tidak ada peluang untuk bakteri bisa mengontaminasi daging kurban Bunda.

Saat melakukan vakum, pastikan kemasannya aman, Bunda. Daging yang divakum dan masuk ke dalam kulkas perlu dimasak setidaknya dalam waktu 10 hari.

Klik baca halaman berikutnya yuk, Bunda.

Bunda, simak juga video resep daging lada hitam berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]

SIMPAN DALAM KULKAS DAN FREEZER
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi