sign up SIGN UP search


moms-life

5 Tips Mengasah Pisau Sebelum Potong Daging Kurban, Perhatikan Sudut Asah Bun

Mutiara Putri Selasa, 20 Jul 2021 08:10 WIB
knife, whetstone and female hands. Woman and male work caption
Jakarta -

Hari Raya Idul Adha biasanya identik dengan pemotongan hewan kurban, Bunda. Hewan yang dikurbankan bisa berupa sapi, kerbau, dan juga kambing.

Setelah pemotongan hewan kurban, biasanya daging kurban akan dibagi-bagikan kepada tetangga sekitar, Bunda. Karena itu, tidak salah kalau setiap Idul Adha Bunda akan mendapatkan stok daging yang melimpah.

Sayangnya, tekstur daging yang keras akan sulit untuk dipotong dan diolah. Bunda perlu pisau yang tajam agar daging bisa teriris dengan sempurna tanpa meninggalkan robekan yang tak diinginkan.


Agar pisau yang Bunda gunakan untuk memotong daging cukup tajam, Bunda perlu mengasah pisau terlebih dahulu, nih. Ternyata mengasah pisau juga tak bisa sembarangan lho, Bunda.

Tips mengasah pisau

Sebelum memotong daging kurban, pastikan Bunda sudah mengasah pisau dengan benar, ya. Simak tips mengasah pisau berikut ini yang dilihat dari laman Damas Knife.

1. Sudut asah

Kalau Bunda menggunakan pisau yang baru, Bunda mungkin perlu sedikit panduan untuk memilih sudut terbaik mengasah pisau, nih. Saat mengasah pisau, pastikan titik tajam dan ujungnya seimbang.

Sudut antara 10 dan 20 derajat adalah sudut terbaik mengasah pisau untuk mengiris daging dan bahan lunak lainnya, Bunda. Pisau juga akan sangat ideal untuk memotong sayuran, lho.

Untuk sudut asah 20 dan 30 derajat, Bunda akan menghasilkan pisau yang kurang tajam serta kurang baik untuk mengiris. Sementara, sudut di atas 30 derajat akan membuat ketajaman pisau tahan lama meski kemampuan memotongnya agak terganggu.

2. Asah sedikit

Mengasah pisau terlalu sering tidak akan membuat pisau jadi lebih tajam, Bunda. Sebaliknya, pisau justru akan lebih mudah tumpul dari yang Bunda bayangkan, lho.

Tak perlu mengasah pisau terlalu sering, Bunda. Pastikan saat mengasah Bunda mencengkram dengan kuat agar ketajamannya optimal.

Klik baca halaman berikutnya yuk, Bunda.

Simak juga video resep tongseng sapi produksi rumahan berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



MEDIA ASAH HINGGA UJI PISAU
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!