sign up SIGN UP search


moms-life

5 Tips Bersihkan Pisau Setelah Memotong Daging Kurban

Mutiara Putri Selasa, 20 Jul 2021 13:04 WIB
Wash kitchen knives Ilustrasi Bersihkan Pisau/Foto: Getty Images/iStockphoto/Pradit_Ph
Jakarta -

Setelah melaksanakan salat Idul Adha, biasanya prosesi hari raya dilanjutkan dengan pemotongan daging kurban, Bunda. Hewan yang dikurbankan berupa kerbau, sapi, hingga kambing.

Setelah memotong daging kurban, biasanya akan ada tetangga yang mengantarkan beberapa kilogram daging ke rumah nih, Bunda. Kalau Bunda ingin langsung memasaknya, jangan lupa mencuci daging terlebih dahulu, ya.

Sebelum memotong daging dengan ukuran yang Bunda inginkan, pastikan pisau sudah Bunda asah dan tajam, ya. Dengan begitu, Bunda akan jauh lebih mudah mengiris daging kurban yang kenyal dan keras.


Setelah memotong daging, pisau yang Bunda gunakan akan menjadi kotor dan mengandung banyak bakteri dari daging kurban, Bunda. Karena itu, jangan lupa Bunda sudah membersihkan pisau dengan benar sebelum meletakkannya kembali di tempat penyimpanan, ya.

Resep Baik Selama PandemiResep Baik Selama Pandemi/ Foto: Mia Kurnia Sari

Tips membersihkan pisau setelah memotong daging

Jangan sampai salah membersihkan pisau setelah memotong daging, Bunda. Berikut ini tips membersihkan pisau setelah memotong daging kurban yang perlu Bunda tahu, dilihat dari laman Home Cook World.

1. Potong produk lain sebelum daging

Kalau Bunda perlu memotong produk atau bahan makanan lainnya, pastikan Bunda memotong produk terlebih dahulu sebelum memotong daging. Meskipun produk dan bahan makanan lain juga mengandung bakteri, namun peluang produk akan terkontaminasi bakteri dari daging jauh lebuh besar.

Potonglah bahan makanan sayuran terlebih dahulu, Bunda. Misalnya tomat, mentimun, atau sayuran lainnya. Setelahnya, Bunda bisa gunakan pisau untuk memotong daging sesuka hati.

2. Cuci dengan sabun

Setelah selesai memotong bahan makanan lain dan daging kurban, jangan lupa selalu cuci pisau dan alat lainnya dengan sabun cuci piring tanpa menggunakan spons, Bunda.

Tutupi permukaan pisau dengan sabun dan biarkan setidaknya satu hingga dua menit. Kemudian, bilas pisau sampai bersih dengan air panas.

Klik baca halaman berikutnya, Bunda.

Bunda, simak juga video tips merawat pisau agar tak mudah tumpul berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



GUNAKAN PEMUTIH HINGGA KERINGKAN PISAU
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi