sign up SIGN UP search


moms-life

5 Fakta Sarah Gilbert, Wanita Inspiratif Penemu Vaksin COVID-19 AstraZeneca

Annisa A Selasa, 20 Jul 2021 07:10 WIB
Vaksin Covid-19: Siapa Sarah Gilbert, ilmuwan yang memimpin tim vaksin Covid-19 di Universitas Oxford? caption
Jakarta -

Saat ini para peneliti di dunia tengah berupaya menemukan vaksin COVID-19. Salah satu yang sudah digunakan masyarakat adalah AstraZeneca. Ternyata, ada sosok wanita inspiratif di balik keberhasilan vaksin tersebut, Bunda.

Sarah Gilbert menjadi sorotan usai video ketika dirinya mendapat tepuk tangan dari penonton turnamen tenis Wimbledon viral beberapa waktu lalu. Kala itu ia sedang menonton turnamen antara Jack Draper dan Novak Djokovic.

Di tengah pertandingan, terdengar pengumuman bahwa ada perwakilan organisasi yang berkontribusi dalam melawan pandemi COVID-19. Kamera pun menyoroti Sarah Gilbert, wanita yang menciptakan vaksin AstraZeneca.

Sarah Gilbert adalah profesor yang ahli di bidang vaksinologi dari Jenner Insttute & Nuffield Department of Clinical Medicine, Universitas Oxford. Ia menjadi salah satu formulator vaksin COVID-19 dari Oxford dan AstraZeneca.

Berhasil dapatkan standing applause, berikut ini 5 fakta Sarah Gibelrt:

1. Ahli vaksin dari Inggris

Sarah Gilbert lahir pada April 1962 di Kettering, Northamptonshire. Pemilik nama lengkap Dame Sarah Catherine Gilbert itu sudah berusia 59 tahun. Ia tidak berasal dari keluarga dokter, Bunda.

Ayah Sarah berprofesi sebagai manajer toko sepatu, sedangkan Ibunda merupakan guru sekolah dasar. Sarah Gilbert mulai menemukan minat pada dunia medis ketika menempuh pendidikan di SMA khusus perempuan.

Lulus sebagai siswi cerdas di bangku sekolah, Sarah Gilbert melanjutkan pendidikannya di University of East Anglia. Ia mengambil jurusan Ilmu Sains.

Sarah kemudian mendapatkan gelar doktor ketika berkuliah di University of Hull. Ia melakukan penelitian genetik dan biokimia terhadap ragi jenis Rhodosporidium toruloides. Sarah mendapatkan gelar PhD di 1986 ketika masih berusia 24 tahun.


Sarah Gilbert langsung memulai kariernya di dunia medis setelah mendapatkan gelar doktor. Simak di halaman berikutnya, Bunda.

Saksikan juga video penjelasan mengenai vaksin COVID-19 untuk anak di bawah usia 12 tahun.

[Gambas:Video Haibunda]

PAKAR INFLUENZA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi