sign up SIGN UP search


moms-life

Kisah 2 Orang Korea Tinggal Lama di Indonesia Culture Shock di Negara Sendiri

Annisa Karnesyia Kamis, 22 Jul 2021 16:26 WIB
Orang Korea culture shock Kisah 2 Orang Korea Tinggal Lama di Indonesia Culture Shock di Negara Sendiri/ Foto: YouTube Ryu Tube
Jakarta -

Lama tinggal di Indonesia ternyata bisa membuat dua orang Korea ini mengalami culture shock di negaranya sendiri lho, Bunda. Seung il Ryu atau akrab disapa Ryu dan temannya, Sera, mengalami langsung perasaan ini.

Ryu dan Sera sudah tinggal lama di Indonesia dan menempuh pendidikan sampai lulus SMA di sini. Selepas lulus SMA, keduanya memutuskan untuk melanjutkan pendidikan di Universitas di Korea Selatan.

"Aku sudah tinggal di Indonesia lama, sejak aku umur dua tahun, keluarga aku pindah ke sini. Di Indonesia sampai lulus SMA terus balik ke Korea untuk kuliah, sehabis kuliah selesai, aku balik ke Indonesia," kata Sera, dikutip dari YouTube Ryu Tube, Kamis (22/7/21).


"Di Indonesia sampai lulus SMA, balik ke Korea untuk kuliah, wajib militer (2 tahun), dan sempat kerja juga di Korea, baru balik ke Indonesia sekitar 2 tahun," ujar Ryu.

Banner Mantan Driver Ojol Beli Rumah Rp1,6 MBanner Mantan Driver Ojol Beli Rumah Rp1,6 M/ Foto: Mia Kurnia Sari

Sejak memutuskan melanjutkan studi di Korea, Ryu dan Sera mulai mengalami culture shock. Salah satunya saat menggunakan toilet umum, Bunda.

Berbeda dengan di Indonesia, toilet di Korea ternyata tidak menyediakan air untuk membersihkan kotoran. Di sana, orang-orang terbiasa menggunakan tisu untuk bersih-bersih usai buang air.

"Kalau kita dari kecil sudah terbiasa dengan toilet umum di Indonesia, ada semprotan dan air di ember. Kalau kebanyakan orang Korea enggak ngerti bersihin pakai air. Kalau di Korea, setelah buang air besar lapnya itu pakai tisu karena mereka enggak mau pegang pakai tangan," kata Ryu.

Bagi Ryu da Sera, perbedaan ini cukup bikin kaget. Sera bahkan mengaku sering membawa tisu basah karena tidak tersedia air di dalam toilet di Korea.

"Aku kan harus ada air di WC. Waktu tinggal di Korea 'Kok enggak ada air? enggak ada semprotan?'. Aku malah bawa tisu basah terus," ungkap Sera.

Culture Shock lain dirasakan Sera ketika dirinya sempat ikut sekolah TK di Korea. Kala itu, guru TK Sera sempat terkejut dengan caranya makan.

Seperti apa ceritanya? Baca halaman berikutnya ya.

Simak juga cerita Yannie Kim saat bertemu suaminya yang orang Korea, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

BUDAYA MAKAN PAKAI SUMPIT VS TANGAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi