sign up SIGN UP search


moms-life

Kisah 2 Orang Korea Tinggal Lama di Indonesia Culture Shock di Negara Sendiri

Annisa Karnesyia Kamis, 22 Jul 2021 16:26 WIB
BUDAYA MAKAN PAKAI SUMPIT VS TANGAN
Orang Korea culture shock caption

Saat ikut kelas TK di Korea, Sera sempat membuat guru dan teman-temannya terkejut. Sera kecil membawa kebiasaan makannya saat di Indonesia, Bunda.

Tak seperti kebanyakan anak Korea yang makan dengan sumpit dan sendok, Sera justru langsung makan dengan tangan. Baginya, cara makan seperti itu tidaklah aneh karena sering dilakukan oleh banyak orang Indonesia.

"Waktu TK di Indonesia, Mami aku pulang ke Korea dan aku ikut. Aku coba masuk ke TK Korea untuk pertama kal. Habis diantar sekolah, Mama istirahat di rumah, terus ada telepon dari TK," kata Sera.


"Katanya gurunya kaget ditelepon karena waktu makan siang aku makan pakai tangan. Jadi teman-teman dan guru kaget melihatnya," sambungnya.

Sera setuju kalau perbedaan budaya ini memang cukup buat dia kaget. Ryu pun setuju karena kebiasaan makan di negara Korea memang berbeda dengan di Indonesia.

"Tapi kalau di Korea, ini (makan dengan tangan) luar biasa, enggak ada budaya makan pakai tangan," kata Ryu.

Selain toilet dan cara makan, Ryu dan Sera juga sempat merasakan culture shock saat tinggal di apartemen nih. Selengkapnya bisa dibaca halaman berikutnya ya.

FASILITAS APARTEMEN DAN MENU MAKAN BERBEDA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!