sign up SIGN UP search


moms-life

Gerebek Suami Selingkuh dengan Pramugari, Istri Buktikan ke Mertua Bahwa Anaknya Bejat

Annisa Afani Kamis, 22 Jul 2021 15:04 WIB
CARA HILANGKAN SAKIT HATI USAI DISELINGKUHI SUAMI MENURUT AHLI
Ilustrasi pasangan bertengkar caption

Mengalami perselingkuhan yang dilakukan oleh suami memang membuat hati terasa hancur berkeping-keping ya, Bunda. Rasa sakit hati tersebut bahkan akan membekas walaupun telah memutuskan memaafkannya dan bisa menjadi trauma.

Untuk menghadapi peristiwa tersebut, para ahli terapis hubungan memberikan saran mengenai cara-cara menghilangkan sakit hati setelah diselingkuhi suami. Apa saja yang perlu dilakukan?

1. Tidak menyerang pasangan dan pelakor

Bunda justru disarankan mengendalikan diri dan kumpulkan informasi lebih dahulu mengenai perselingkuhan suami. Tidak pula membalasnya dengan melibatkan pihak luar. Coba introspeksi diri dan luangkan waktu untuk berpikir.


"Hindari membuat keputusan impulsif saat marah dan terluka karena bisa disesali di kemudian hari. Luangkan waktu yang Bunda butuhkan untuk melewati keterkejutan dan pengumpulan informasi awal."

"Waktu tidak menyembuhkan semua luka namun itu akan memberikan beberapa perspektif," papar Melissa Divaris Thompson, LMFT, selaku penasihat pernikahan dan keluarga berlisensi seperti dilansir dari Well and Good.

2. Langsung hubungi orang terpercaya

Hubungi teman terpercaya atau anggota keluarga yang bisa membuat Bunda merasa lebih baik. Jika tidak ada, langsung cari bantuan psikolog atau konselor.

"Berurusan dengan perselingkuhan sangat sulit dan bisa menyebabkan lebih banyak rasa sakit di masa depan. Jika memiliki biaya, pertimbangkan menghubungi ahli kesehatan mental," saran Thompson.

3. Tanya ke diri sendiri, apa pernikahan ini layak diperjuangkan?

Perselingkuhan tidak selalu tentang seseorang yang mengkhianati tapi banyak hal. Coba tanyakan ke diri sendiri, apa pernikahan ini layak diperjuangkan setelah diselingkuhi suami? Apa pasangan pernah selingkuh sebelumnya? Apa mungkin saya sebagai istri terlalu abai dengan suami?

Jika menurut Bunda perselingkuhan terjadi baru pertama kali, dia juga sebenarnya baik hati, tak pernah menggoda wanita lain, penuh kasih, dan beberapa nilai plus dari suami, mungkin layak dicoba lagi.

4. Berdiskusi secara langsung dengan pasangan

Setelah perselingkuhan terjadi, amarah dan pertengkaran tentu akan mewarnai hari-hari Bunda serta suami. Ini yang bisa menyebabkan rumah tangga langsung retak tak tersisa.

Komunikasi sangat penting untuk menyembuhkan luka setelah diselingkuhi suami. Jika masih ingin bersama pasangan, lakukan dialog terbuka tentang kebutuhan dan perasaan Bunda. Diskusi secara jujur bisa membantu meredakan rasa sakit hati karena perselingkuhan.

"Sebelum berdiskusi, cara terapis untuk membantu Bunda berdialog dengan pasangan. Dialog akan fokus pada perasaan dan memungkinkan soal kebutuhan Bunda," saran psikolog Tammy Nelson, PhD.

5. Evaluasi diri

Mungkin setelah perselingkuhan suami diketahui oleh Bunda maka dia akan membuat penyangkalan dengan menyerang balik. Sebelum terbebani, coba evaluasi diri secara objektif.

Memeriksa peran Bunda sebagai istri dan mungkin seorang ibu sekaligus wanita karier, apakah semua keinginan dan kebutuhan suami sudah terpenuhi?

Jika belum, apa saja yang mungkin tidak disukai suami? Memeriksa peran diri sendiri secara objektif dalam hubungan dapat membantu Bunda pulih setelah diselingkuhi.

"Kemungkinannya ada beberapa pola berulang yang tidak berfungsi atau negatif. Tapi tentu tidak memaafkan perselingkuhan. Pentingnya berkomunikasi secara terbuka dengan pasangan," ujar Thompson.

6. Lakukan hal-hal yang meningkatkan kualitas diri

Lakukan hal-hal yang meningkatkan kualitas diri bisa membantu menghilangkan sakit hati. Perselingkuhan bisa membuat Bunda merasa kehilangan sebagian dari identitas dirimu.

Untuk menghilangkan sakit hati setelah diselingkuhi, Bunda perlu meningkatkan kembali kualitas diri sendiri. Tingkatkan kemampuan diri dan menambah wawasan. Fokus pada beberapa minat dan kuasai bidang tersebut.

"Seringkali ketika seseorang diselingkuhi, mereka merasa ada yang salah dengan dirinya dan pasangan menolaknya. Ini sangat normal, apa yang bisa membantu menyembuhkanmu melalui ini akan mengingat siapa dirimu sebenarnya," ucap Thompson lagi.

(AFN/som)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!