sign up SIGN UP search


moms-life

Ketahui Tanda Wanita Orgasme dan Tahapan-tahapannya

Kinan Kamis, 22 Jul 2021 21:45 WIB
Dibandingkan pria, tanda wanita orgasme lebih bervariasi dan bisa berbeda-beda pada tiap orang. Tapi ada beberapa gejala umum yang bisa ditandai. Apa saja? caption

Dibandingkan dengan pria, tanda wanita orgasme sering kali lebih sulit dikenali. Efek yang dirasakan masing-masing orang pun bisa berbeda-beda. 

Selama orgasme, hormon yang disebut endorfin dilepaskan ke dalam aliran darah. Ini menyebabkan timbulnya rasa bahagia dan relaksasi yang intens. Sebagian tanda wanita orgasme mungkin seperti wajah atau kulit tampak memerah, mengalami kejang otot yang cepat di seluruh tubuh, atau sensasi yang terkonsentrasi di daerah organ intim.

Dilansir Planned Parenthood, orgasme adalah puncak gairah seksual ketika semua otot yang tegang selama terangsang perlahan mengendur atau rileks.


Jika orgasme pada pria biasanya disertai dengan keluarnya cairan ejakulasi, tanda wanita orgasme lebih bervariasi. Bahkan tidak semua wanita mengalami orgasme dengan cara yang sama. Maka dari itu, komunikasi saat berhubungan intim menjadi sangat penting. 

Apa saja tanda wanita orgasme yang umumnya terjadi?

Dikutip dari Live Healthily, ketika seorang wanita terangsang secara seksual, banyak respons gairah emosional dan fisik yang aktif bekerja. Efeknya memengaruhi saraf, pembuluh darah, otak, dan hormon.

Tanda-tanda utama wanita orgasme umumnya meliputi:

  • Payudara terasa penuh dan lebih kencang
  • Puting mengeras (menjadi tegak)
  • Detak jantung dan pernapasan semakin cepat
  • Pembengkakan klitoris dan bibir bagian dalam vagina (labia minora)

Tahapan-tahapan tanda wanita orgasme

Seperti disebutkan sebelumnya, tanda wanita orgasme pada masing-masing individu dapat berbeda-beda. Namun biasanya tubuh wanita akan melalui empat tahap ketika merespons gairah seksual: excitement, plateau, orgasme dan resolusi.

Tahap 1: Excitement

Tahap pertama ini adalah di mana wanita mulai merasa bergairah secara seksual karena pikiran, kata-kata, pemandangan, aroma atau sentuhan. Bunda mungkin merasakan adanya keinginan untuk berhubungan seks pada tahap pertama ini.

Bunda mungkin merasakan otot-otot di tubuh mulai menegang, detak jantung dan pernapasan pun menjadi lebih cepat. Payudara dapat terasa jadi lebih penuh dan puting ikut mengeras.

Apa lagi tahapan dan tanda wanita orgasme selanjutnya? Simak di halaman berikut ini yuk, Bunda!

Penyebab telat haid setelah lepas KB, apakah hamil? Cari jawabannya di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



PLATEAU HINGGA RESOLUSI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi