sign up SIGN UP search


moms-life

Ketahui Tanda Wanita Orgasme dan Tahapan-tahapannya

Kinan Kamis, 22 Jul 2021 21:45 WIB
PLATEAU HINGGA RESOLUSI
Dibandingkan pria, tanda wanita orgasme lebih bervariasi dan bisa berbeda-beda pada tiap orang. Tapi ada beberapa gejala umum yang bisa ditandai. Apa saja? caption

Tahap 2: Plateau

Darah akan mulai mengalir lebih banyak ke vagina, membuat klitoris dan dinding vagina terasa membengkak. Peningkatan aliran darah ini juga menyebabkan vagina menghasilkan lebih banyak cairan pelumas, dan menjadi lebih terasa 'basah'.

Otot-otot akan terus mengencang dan klitoris juga akan terasa sangat sensitif. Pernapasan dan detak jantung menjadi lebih intens. 

Tahap 3: Orgasme

Ketika Bunda mencapai klimaks atau puncak gairah seksual, ini disebut sebagai orgasme. Tepat sebelum orgasme, otot-otot di seluruh tubuh semakin tegang. 


Saat orgasme dimulai, otot-otot di vagina makin mengencang dan melepaskan (berkontraksi) secara berirama.

Orgasme umumnya hanya berlangsung beberapa detik. Selama waktu ini Bunda akan mengalami kontraksi dan kejang otot yang tidak disengaja. Tekanan darah, detak jantung, dan pernapasan akan berada pada titik tertinggi. Umumnya akan muncul pula pelepasan ketegangan seksual yang tiba-tiba dan kuat.

Uniknya, wanita berpeluang mengalami satu kali orgasme atau lebih (multiple orgasm)

Tahap 4: Resolusi

Tahap terakhir ini adalah saat Bunda merasa benar-benar rileks secara keseluruhan. Paling sering, tahap ini akan datang setelah orgasme, tetapi bisa juga terjadi setelah aktivitas seksual tanpa orgasme.

Pada tahap ini, tubuh akan mulai kembali ke tingkat fungsi semula, termasuk detak jantung dan pernapasan kembali normal. Daerah yang sebelumnya terasa membengkak juga akan kembali ke keadaan semula. Bunda bahkan mungkin akan merasa mengantuk.

Demikian ulasan tentang tanda-tanda wanita orgasme dan tahapannya. Ingat ya, orgasme sering kali tak terjadi pada tiap aktivitas seks dan ini wajar, kok. Tingkatkan komunikasi seks untuk saling memahami satu sama lain dan membantu meningkatkan peluang orgasme.

(fia/fia)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!