sign up SIGN UP search


moms-life

6 Resep Ayam dari Berkuah hingga Dipanggang, Cocok Disantap Bareng Keluarga

Melly Febrida   |   Haibunda Kamis, 05 Aug 2021 07:00 WIB
Garang Asem Ayam caption
Jakarta -

Resep masakan dari ayam itu banyak macamnya, Bunda. Mau yang berkuah, digoreng, atau panggang, semuanya enak. Kalau Bunda biasanya suka memasak resep ayam apa?

Kalau resep ayam kuah biasanya dijadikan soto atau opor. Tapi, Bunda juga bisa memasak ayam menjadi asem-asem ayam atau garang asem agar memberikan variasi untuk disantap bareng keluarga.

Nah, jenis ayam yang Bunda masak juga berpengaruh terhadap rasanya lho. Dikutip dari buku Koleksi 120 Resep Masakan Ayam disebutkan ayam yang sering dimasak itu ayam ras seperti ayam negeri atau ayam pedaging serta ayam buras, yakni ayam kampung. 

Ayam negeri umumnya tubuh gemuk dan biasanya ditawarkan dalam keadaan terpotong-potong. Kulitnya tebal, tekstur dagingnya lunak, berlemak, hampir tidak berotot. Warna dagingnya terang, lapisan lemak berada di bawah kulitnya yang tebal. 


Untuk sebagian orang, rasa dan aroma lemak ayam negeri cukup mengganggu. Sebaiknya, ayam negeri tidak dimasak dengan cara direbus, sebab lemaknya yang kurang sedap akan mempengaruhi cita rasa kaldu.  

Berbeda dengan ayam kampung yang memiliki bentuk tubuh agak panjang dan harus dibeli utuh alias satu ekor. Ayam kampung betina, bila gemuk-badannya sedikit membulat. Warna dagingnya agak gelap dan teksturnya sedikit alot, karena memiliki lebih banyak otot daripada lemak. 

Dari segi cita rasa, daging ayam kampung diakui lebih gurih. Begitu pula cita rasa dan aroma lemaknya membuat kaldu lebih sedap. Berikut resep ayam yang bisa Bunda praktikkan di rumah apabila ingin menu yang berbeda:

1. Resep asem-asem ayam

Bahan:

  • 1 ekor ayam kampung (900 gram), potong 8-12 
  • 5 buah kemiri, sangrai 
  • 1 batang serai dimemarkan 
  • 2 cm lengkuas dimemarkan 
  • 4 lembar daun salam 
  • 1 sdm asam jawa + 3 sdm air panas, remas, saring

Sangrai hingga kulit agak gosong-kupas: 

  • 4 buah cabai merah besar dan utuh 
  • 6 buah bawang merah 
  • 4 siung bawang putih
  • 5-6 cm kunyit 

Cara membuat: 

  1. Rebus 1250 ml air, bersama ayam sampai mendidih. Angkat buih yang muncul di permukaan. 
  2. Selain cabai, masukkan semua bahan termasuk bumbu sangrai yang dikupas bersih. Tambahkan 1 sdt garam, masak dengan api kecil sampai ayam mulai lunak. Masukkan cabai, tambahkan rawit jika diinginkan. 
  3. Setelah ayam lunak, dan cairan menyusut banyak, angkat. Bila perlu tambahkan air (panas), garam, air asam, dan sedikit gula merah. Asem-asem ayam siap disajikan.

Untuk resep ayam lainnya, klik halaman berikutnya, Bunda.

Bunda, tonton juga video resep chicken salad yang juga cocok untuk disantap bareng keluarga:

[Gambas:Video Haibunda]

RESEP VARIASI LAINNYA, GARANG ASEM, AYAM POP, DAN BUMBU BETUTU
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!