sign up SIGN UP search


moms-life

10 Manfaat Seks bagi Kesehatan Wanita, Bunda Juga Merasakannya?

Kinan   |   Haibunda Senin, 09 Aug 2021 21:45 WIB
SEKS MENAMBAH KEINTIMAN HINGGA MENINGKATKAN KINERJA OTAK
Ilustrasi hubungan seks suami istri caption

6. Menambah keintiman dengan pasangan

Hubungan seks yang baik sering dikaitkan dengan peningkatan harga diri dan tubuh yang lebih sehat. Dengan memiliki kepuasan dalam kehidupan seks, keintiman dan bonding dengan pasangan pun juga akan ikut meningkat.

7. Melatih otot dasar panggul

Otot dasar panggul yang salah satu perannya bertanggung jawab untuk mengontrol aliran urine, bisa menjadi lebih lemah seiring bertambahnya usia atau setelah kehamilan. 

Saat berhubungan seks, otot-otot ini dilatih lebih maksimal. Selain melalui hubungan seks, melatih otot dasar panggul juga bisa dilakukan dengan latihan Kegel.


8. Menambah rasa kasih sayang

Para peneliti menemukan bahwa seks menciptakan keintiman dan kasih sayang dalam hubungan pernikahan. Semakin rutin seks dilakukan, semakin pasutri akan merasa saling terhubung satu sama lain. 

Penelitian lain juga menunjukkan bahwa sentuhan fisik sangat penting, bahkan bagi pasangan yang usia pernikahannya sudah sangat lama.

Maka dari itu, menjaga komunikasi terbuka dengan pasangan soal seks dipercaya bermanfaat bagi kesehatan emosional.

9. Melindungi kinerja otak

Sebuah studi menemukan bahwa wanita yang tetap aktif secara seksual hingga usia tua memiliki fungsi kognitif yang lebih baik, jika dibandingkan dengan mereka yang tidak. 

Fungsi kognitif yang diperiksa oleh para peneliti dalam studi tersebut yakni kemampuan mengingat kata-kata, untuk kemudian memperhitungkan faktor lain seperti depresi dan tingkat aktivitas fisik. 

Disebutkan bahwa wanita yang aktif secara seksual memiliki hasil kemampuan kognitif jauh lebih baik dalam tes tersebut.

10. Membakar kalori

Dikutip dari Healthline, ada beberapa bukti bervariasi terkait jumlah kalori yang terbakar saat berhubungan seks. Tetapi diperkirakan jumlahnya berkisar antara 3 hingga 4 kalori per menit. 

Demikian ulasan tentang beberapa manfaat rutin berhubungan seks bagi kesehatan wanita. Ingatlah untuk terbuka secara komunikasi dengan suami agar keintiman tetap terjaga ya, Bunda.

(fia/fia)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!