sign up SIGN UP search

moms-life

Diklaim Buat Vagina Wangi dan Lebih Rapat, Adakah Efek Samping Ratus?

Kinan   |   Haibunda Senin, 23 Aug 2021 22:00 WIB
ilustrasi ratus vagina caption
Jakarta -

Vaginal steaming alias ratus vagina dilakukan dengan teknik uap. Prosedur ini diklaim dapat membersihkan dan meningkatkan kerapatan vagina serta meredakan nyeri haid. Namun adakah efek samping ratus yang perlu diwaspadai?

Dilansir Medical News Today, sampai saat ini belum bukti ilmiah yang membuktikan bahwa ratus vagina benar-benar efektif. Justru ada lebih banyak risiko dan efek samping yang dapat terjadi.

Mengenal cara kerja teknik uap ratus vagina 

Ratus vagina dilakukan dengan wanita duduk di atas kursi khusus yang bagian tengahnya dilubangi sebagai 'jalur masuk' uap. Setelah itu, di bawahnya diletakkan panci berisi air rebusan ramuan herbal seperti bunga mawar, temulawak, akar wangi, pala, dan kayu secang. Uap yang dihasilkan dari rebusan herbal ini akan mengasapi vagina.


Perawatan ratus biasanya tersedia di spa, dengan durasi antara 20 hingga 45 menit. Perawatan ini dipercaya dapat memberikan banyak manfaat kesehatan bagi vagina. Ratus juga kerap dianggap sebagai 'facial' untuk vagina.

Wanita Batak Cerai dari Bule Kaya

Beberapa yang dipercaya merupakan manfaat ratus vagina meliputi:

  • Mengurangi keluhan saat menstruasi, seperti kembung, kram, kelelahan, dan pendarahan hebat
  • Meningkatkan kesuburan
  • Mempercepat penyembuhan setelah melahirkan
  • Mengurangi stres
  • Mengobati wasir
  • Meningkatkan energi dan mengurangi kelelahan
  • Mengobati sakit kepala

Seperti disebutkan sebelumnya, sampai saat ini belum ada penelitian ilmiah yang membuktikan manfaat yang diklaim ini. Kendati demikian, sebagian orang meyakini efek ini didapat dari peningkatan aliran darah ke jaringan vagina.

"Tidak ada bukti ilmiah yang membuktikan klaim manfaat uap pada vagina benar-benar bekerja nyata," ujar dokter kebidanan dan kandungan, Draion Burch, seperti dikutip dari Live Science.

Nah, jika dilakukan dengan cara yang tidak tepat dan terlalu sering, ratus justru bisa menimbulkan risiko dan efek samping bagi kesehatan vagina lho, Bunda. Yuk ketahui informasi lengkapnya di halaman selanjutnya.

Bunda pernah dengar soal prosedur vaginoplasty, yang berfungsi untuk mengencangkan vagina? Cek informasinya di video ini yuk:

[Gambas:Video Haibunda]



POTENSI RISIKO RATUS VAGINA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!