sign up SIGN UP search


moms-life

Diklaim Buat Vagina Wangi dan Lebih Rapat, Adakah Efek Samping Ratus?

Kinan   |   Haibunda Senin, 23 Aug 2021 22:00 WIB
POTENSI RISIKO RATUS VAGINA
Young woman having painful stomach ache. Chronic gastritis. Stomach or menstrual cramps. Abdomen bloating concept. caption

Dikhawatirkan uap panas yang diberikan saat ratus dapat membakar jaringan vagina yang sensitif jika suhunya terlalu tinggi. Uap yang dihasilkan untuk ratus diketahui memiliki suhu panas, sehingga dapat berpotensi menimbulkan luka bakar.

Lubang vagina berada sejajar dengan kandung kemih dan anus, luka bakar dari penguapan yang terlalu panas dan dekat pun berisiko merusak jaringan kulit di sekitar bagian-bagian ini. 

Hawa panas dan lembap di vagina juga dapat meningkatkan risiko infeksi jamur atau bakteri. Apabila peralatan yang digunakan untuk ratus tidak dijaga kebersihannya, Bunda juga bisa berisiko terkena infeksi dan efek samping lain.


Oleh karena itu, penting untuk memastikan semua peralatan sudah bersih menyeluruh sebelum menggunakannya. Jika perlu, saat hendak ratus tanyakan pada staf spa bagaimana prosedur pembersihan dan perawatan alat ratus. Ini penting untuk mengurangi risiko infeksi.

Vagina secara alami dilumasi dengan komponen berminyak, sementara itu uap dari tanaman herbal tidak melembapkan. Air justru dapat 'membilas' minyak alami dari kulit vagina, sehingga membuat vagina rentan lebih kering, luka dan iritasi. 

Selain itu, disebutkan pula bahwa ratus vagina bisa berbahaya jika dilakukan pada bunda hamil. Salah satunya karena uap vagina dapat memengaruhi pertumbuhan janin.

Seperti diketahui, dokter umumnya merekomendasikan agar bunda hamil menghindari paparan panas berlebih. Ini termasuk dari penggunaan bak mandi air panas, sauna, dan bantalan pemanas di sekitar panggul.

Jika Bunda ingin mencoba ratus vagina, penting untuk menghindari duduk terlalu dekat dengan uap atau menggunakan air yang terlalu panas. Apabila uap terasa terlalu panas, segera menjauh dari uap, ya.

Ingat, vagina dapat membersihkan dirinya sendiri!

Vagina adalah organ yang mampu membersihkan dirinya sendiri secara teratur menjaga keseimbangan pH. Intervensi tambahan, seperti ratus vagina atau douching, sebenarnya tidak diperlukan.

Menjaga vagina tetap bersih, kering, dan bebas dari pewangi berbahaya adalah cara terbaik untuk menjaga vagina tetap sehat. 

Jika ingin mencoba teknik uap alias ratus, yang terbaik adalah harus sangat berhati-hati untuk mengurangi risiko luka bakar dan infeksi. 

(fia/fia)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!