sign up SIGN UP search


moms-life

3 Tips Stabilkan Keuangan untuk Bunda yang Jadi Sandwich Generation

Mutiara Putri Rabu, 15 Sep 2021 15:05 WIB
TIPS STABILKAN KEUANGAN SANDWICH GENERATION
Close up of female accountant or banker making calculations caption

Selama masih berada di posisi sandwich generation, Bunda jadi merasa bimbang akan uang tabungan masa depan anak, ya? Nyatanya, Bunda tetap bisa mengembalikan kondisi keuangan jadi stabil dengan beberapa tips, lho.

Tips stabilkan keuangan sandwich generation

Jangan putus asa saat pengeluaran sandwich generation jadi lebih banyak daripada pemasukan yang di dapatkan ya, Bunda. Berikut ini beberapa tips yang dibagikan Ica agar keuangan Bunda jadi stabil kembali.

1. Komunikasi dengan orang tua

Akar dari permasalahan sandwich generation terletak pada komunikasi dengan orang tua, Bunda. Sebelumnya, Bunda perlu tanyakan apa yang sebenarnya mereka butuhkan. Kalau sekiranya kebutuhan mereka lebih banyak dan Bunda merasa kurang, Bunda bisa usahakan untuk menambahkan penghasilan.


"Bicara bahwa kami mau bantu tapi uang kami pun terbatas. Buat budgetnya setiap bulan secukupnya uangmu. Kalau masih kurang, usahakan tambah penghasilan lain," kata Ica.

2. Harus produktif

Tak hanya orang tua, membiayai adik yang sudah memasuki usia produktif juga perlu diperhatikan, Bunda. Sebaiknya, jangan biarkan mereka malas-malasan karena nantinya akan terbiasa.

"Adik yang masih kuliah juga sudah bisa menghasilkan seperti jadi guru private, freelance, dan lainnya. Bagi beban dengan semua anak karena orang tua bukan hanya tanggung jawabmu saja," tuturnya,

3. Sisihkan dana pensiun

Saat keadaan sudah mulai terjepit, Bunda bisa sisihkan dana pensiun untuk memutus rantai sandwich generation, nih. Bunda bisa mulai buka rekening Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK) serta rutin menabung reksadana dan saham.

"Realistis, kalau memang uangnya pas-pasan, anak sendiri bisa masuk SD-SMA negeri dulu yang dijamin pemerintah sehingga gratis. Nanti tinggal memikirkan mengumpulkan uang kuliah anak," imbuh Ica.

Bunda, simak juga video aplikasi memasak yang bisa hasilkan uang berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(mua/fir)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!