sign up SIGN UP search


moms-life

Adi Utarini, Peneliti Asal Yogya Masuk Daftar Orang Paling Berpengaruh di Dunia 2021

Annisa A   |   Haibunda Jumat, 17 Sep 2021 19:53 WIB
Adi Utarini caption
Jakarta -

Majalah Time kembali merilis daftar tahunan orang paling berpengaruh di dunia. Dalam Time 100 Most Influential People 2021 kali ini, muncul nama wanita inspiratif asal Indonesia bernama Adi Utarini.

Wanita kelahiran Yogyakarta, 4 Juni 1965 itu merupakan seorang dosen dan peneliti dari Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FK-KMK) di Universitas Gajah Mada (UGM).

Adi Utarini mewakili Indonesia di dalam daftar Time 100 Most Influential People 2021 atas pencapaiannya dalam hal mencegah ancaman penyakit demam berdarah, Bunda. Ia bekerja sama dengan tim peneliti internasional dari Program Nyamuk Dunia (WMP).


Melansir Time, para peneliti WMP termasuk Adi Utarini melakukan inokulasi nyamuk dengan memanfaatkan bakteri bernama Wolbachia. Bakteri ini tidak berbahaya bagi manusia dan mampu membuat nyamuk Aedes aegypti tidak menularkan virus lewat gigitannya.

Banner Crazy Rich Lebak

Dalam penelitiannya, nyamuk-nyamuk tersebut diinfeksi dengan bakteri Wolbachia. Namun Adi Utarini harus meyakinkan warga di sekitar rumahnya agar merasa aman ketika nyamuk-nyamuk yang sudah terinfeksi bakteri Wolbachia dilepaskan.

Adi Utarini berhasil mengambil hati dari para warga di sekitarnya untuk membantunya menyelesaikan penelitian tersebut. Studi yang dijalankan Adi Utarini terbukti menurunkan tingkat penyakit di lingkungan tempat tinggalnya, Bunda.

Meski dunia tengah dilanda oleh pandemi COVID-19, demam berdarah masih menjadi ancaman yang tidak juga hilang. Penyakit yang dibawa oleh nyamuk ini telah menjangkit hampir 400 juta orang setiap tahun.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) juga menyebut penyakit demam berdarah sebagai salah satu dari 10 ancaman terbesar bagi kesehatan dunia. Yogyakarta yang merupakan tanah kelahiran Adi Utarini tak luput dari ancaman tersebut.

Wanita berusia 56 tahun itu sebelumnya juga sudah pernah terkena demam berdarah sebanyak dua kali. Namun berkat penelitian yang dijalankannya, ia berhasil menemukan terobosan baru dalam mengatasi penyakit demam berdarah.

Selain Adi Utarini, Time 100 Most Influential People 2021 juga dipenuhi dengan wajah-wajah pesohor dunia. Mereka datang dari berbagai latar belakang mulai dari artis, inovator, pemimpin, dan publik figur lainnya.

Adi Utarini masuk ke dalam daftar tersebut, bersama dengan deretan publik figur terkemuka seperti Pangeran Harry dan Meghan Markle, Britney Spears, Donald Trump, Billie Eilish, Chloe Zhao, Joe Biden, Scarlett Johansson, dan tokoh besar lainnya.

Pencapaian Adi Utarini membuatnya sangat bahagia. Baca mengenai respon Adi Utarini di halaman berikutnya, Bunda.

Simak juga video daftar 7 musisi dan aktor Indonesia yang wajahnya terpampang di Times Square New York.

[Gambas:Video Haibunda]

FOKUS LANJUTKAN PENELITIAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!