sign up SIGN UP search


parenting

3 Bahan Alami untuk Obat Demam Berdarah, Murah-Meriah Mudah Didapat Bun!

Tim HaiBunda Sabtu, 17 Jul 2021 16:00 WIB
Newborn cold. Mother holding thermometer and touching forehead of her sick baby, measuring temperature, panorama caption
Jakarta -

Penyakit demam berdarah atau Demam Berdarah Dengue lebih dikenal dengan sebutan DBD. Penyakit ini sering terjadi saat musim penghujan.

Ia merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus dengue yang disebarkan oleh nyamuk Aedes aegypti. Infeksi demam berdarah mengakibatkan kadar trombosit menurun sehingga tubuh akan kehilangan sel darah merah dalam jumlah yang signifikan.

Kondisi ini akan meningkatkan risiko terjadinya pendarahan organ dalam bagi penderita DBD. Bahkan dokter selalu menyarankan pasien DBD untuk segera mendapatkan perawatan intensif. Untungnya kini ada berbagai obat demam berdarah yang bisa dikonsumsi mulai dari obat-obatan medis hingga yang alami.


Banner Reaksi Anak UASFoto: Mia Kurnia Sari

Obat-obatan Alami untuk Demam Berdarah

Ada beberapa obat tradisional alami yang dikenal dapat membantu proses penyembuhan demam berdarah. Obat-obatan ini bekerja dengan meningkatkan ketahanan tubuh untuk menangkal infeksi dan mempercepat kesembuhan dari demam berdarah.

Berikut ini adalah obat demam berdarah tradisional dan alami yang mudah didapat dan mungkin ada di rumah Bunda.

1. Jambu Biji

Buah yang paling popular sebagai obat demam berdarah adalah jambu biji. Buah ini biasanya disarankan oleh tetua zaman dulu untuk mengobati demam berdarah.

Cara mengonsumsi terbaiknya adalah dimakan secara langsung maupun diolah menjadi jus. Buah jambu biji ini pun sangat mudah didapat dan banyak dijual oleh pedagang buah hingga ada di minimarket.

Jambu biji terkenal akan kandungan trombinol yang mampu merangsang thrombopoietin dalam tubuh secara alami. Thrombopoietin adalah senyawa aktif dalam tubuh yang membantu pembentukan sel-sel darah merah baru dan menjaga jumlah trombosit dalam darah.

Selain itu, kandungan magnesium, zat besi, fosfor, dan kalsium juga membantu untuk meningkatkan jumlah sel-sel darah merah. Fosfor dari buah ini juga bisa membantu memperbaiki jaringan-jaringan pembuluh darah yang rusak.

Selain COVID-19, demam berdarah jadi salah satu penyakit yang juga diwaspadai masyarakat. Upaya cegah demam berdarah pun dilakukan, seperti halnya di Depok ini.Selain COVID-19, demam berdarah jadi salah satu penyakit yang juga diwaspadai masyarakat. Upaya cegah demam berdarah pun dilakukan, seperti halnya di Depok ini./ Foto: DEDYISTANTO

2. Daun Pepaya

Sama mudahnya dengan buah jambu biji untuk didapatkan, daun pepaya juga dapat membantu menyembuhkan demam berdarah. Daun pepaya juga sering dijadikan menu sayuran untuk menu makan rumahan.

Menurut jurnal-jurnal penelitian, ekstrak daun pepaya dapat meningkatkan kadar trombosit dalam darah. Hal ini diduga karena membantu menstabilkan dinding sel-sel darah merah sehingga tak mudah rusak karena virus dengue. Bisa dibilang daun pepaya merupakan obat demam berdarah alami yang disediakan alam untuk penderita DBD.

3. Beras Angkak

Beras angkak merupakan jenis beras meras dari China yang difermentasi dengan ragi Monascus purpureus. Bahkan terdapat penelitian yang dilakukan untuk membuktikan beras angkak sebagai obat herbal untuk demam berdarah.

Diketahui jika dalam beras angkak dapat meningkatkan kadar trombosit dalam darah, sehingga dapat membantu pasien DBD lebih cepat sembuh. Pada tahun 2015 peneliti dari IPB melaporkan kombinasi antara jambu biji dan beras angkak dapat menjadi obat demam berdarah alami.

Nah, itu tadi obat demam berdarah alami yang mudah didapat dan ada di sekitar rumah. Selain dengan mengonsumsi obat-obat alami, pasien DBD harus mendapat asupan banyak cairan untuk mencegah dehidrasi, dan mengonsumsi makanan penambah trombosit, serta cukup istirahat. Selain itu penanganan intensif dari dokter juga dibutuhkan pasien DBD agar makin tinggi tingkat kesembuhannya. (PK)

Simak juga video berikut mengenai kronologi Fanny Fabriana terpapar Covid-19, mengalami demam juga. Bun! 

[Gambas:Video Haibunda]



(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi