sign up SIGN UP search


moms-life

4 Tanda Wajah Mengalami Kolesterol Tinggi, Salah Satunya Nyeri Tengkuk

Mutiara Putri Kamis, 14 Oct 2021 17:45 WIB
Eyes Woman freckle happy young beautiful portrait with healthy skin half. Studio shot. caption
Jakarta -

Ada banyak makanan yang mengandung kolesterol, Bunda. Meski begitu, nyatanya kolesterol terbagi menjadi dua, yakni kolesterol baik dan kolesterol jahat.

Melansir dari laman Mayo Clinic, kolesterol sendiri merupakan zat lilin yang ditemukan di dalam darah. Tubuh Bunda juga membutuhkan kolesterol untuk membangun sel-sel sehat. Namun, kadar kolesterol jahat yang tinggi bisa meningkatkan risiko penyakit jantung.

Kalau Bunda memiliki penyakit kolesterol tinggi, Bunda bisa menimbun lemak di dalam pembuluh darah. Endapan ini akhirnya akan tumbuh dan mempersulit kinerja darah untuk mengalir melalui arteri.


Terkadang, endapan ini akan pecah secara tiba-tiba, lho. Setelahnya, mereka akan membentuk gumpalan yang menyebabkan serangan jantung atau stroke.

Meski begitu, kadar kolesterol yang tinggi di dalam tubuh tetap bisa diturunkan. Bunda bisa melakukan diet sehat, olahraga teratur, dan terkadang Bunda juga akan diberikan obat-obatan yang bisa membantu menurunkan kolesterol.

Banner Pekerjaan Paling Dicari di Jerman

Siapa yang sangka kalau wajah juga bisa mengalami kolesterol tinggi, Bunda. Meski begitu, Bunda bisa mengetahuinya melalui berbagai ciri, lho.

Bunda kesulitan mengetahui tanda dan ciri kalau kadar kolesterol di wajah meningkat? Tak perlu khawatir, Bunda. Berikut ini ada beberapa tanda kalau wajah Bunda punya kolesterol tinggi yang dikutip dari laman Healthline dan Mayo Clinic.

1. Nyeri pada tengkuk

Nyeri pada tengkuk bisa disebabkan karena adanya rasa stres, kelelahan, dan juga kolesterol yang tinggi, Bunda. Kolesterol tinggi ini berkaitan dengan penumpukan plak pada pembuluh darah di area leher.

Plak yang menumpuk ini bisa menghalangi aliran darah dari leher menuju otak. Karena itu, mereka bisa menimbulkan rasa nyeri.

2. Rasa lelah dan nyeri di kaki

Keluhan nyeri pada kaki ternyata juga bisa jadi pertanda kalau Bunda punya tingkat kolesterol tinggi, bahkan di wajah. Aliran darah ke jaringan tubuh akan berkurang akibat penumpukan plak.

Aliran darah yang terhambat bisa membuat seseorang merasa mudah lelah, Bunda. Saat terjadi penumpukan plak di area kaki, maka akan timbul rasa berat, nyeri, bahkan sensasi seperti terbakar.

Bunda penasaran dengan tanda kolesterol tinggi yang lainnya? TERUSKAN MEMBACA KLIK DI SINI.

Bunda, simak juga video tips alami untuk atasi puting lecet berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(mua/mua)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!