sign up SIGN UP search


moms-life

5 Cara Membatasi Ruang Tanpa Partisi Agar Rumah Mungil Tampak Lebih Luas

Arina Yulistara Kamis, 28 Oct 2021 03:00 WIB
Modern living room. Render image. caption
Jakarta -

Terkadang sulit menghadirkan semua ruang dalam rumah mungil. Terbatasnya lahan sering membuat Bunda bingung menata ruang agar terpisah, seperti area makan dan ruang tamu yang menjadi satu. 

Untuk rumah tipe 36/42 akan sulit membuat ruang televisi, ruang tamu, serta area makan terpisah sendiri dengan sekat permanen. Jika ditambah partisi maka seringkali membuat rumah minimalis yang mungil semakin sempit.

Bunda bisa memberikan batasan ruang tanpa harus menggunakan partisi permanen. Salah satu caranya tentu dengan menggunakan perabotan rumah sebagai sekat. 


Perabotan tersebut bisa dipindahkan sesuai dengan selera masing-masing. Tidak hanya itu, rumah mungil tanpa banyak sekat permanen tentu juga akan memberikan kesan lebih luas. 

Yuk simak cara membatasi ruang tanpa partisi agar rumah mungil terasa lebih luas seperti dilansir dari berbagai sumber:

1. Gunakan tirai

Mengutip dari Houzz, salah satu cara membatasi ruang tanpa partisi khusus dengan memanfaatkan tirai. Bunda bisa menggunakan tirai sebagai pengganti partisi.

Banner Masakan Seminggu Spesial Menu Warteg

 

Pilih tirai bambu atau kayu agar tetap aesthetic sehingga menyerupai partisi permanen. Bunda juga bisa memakai tirai dari kain yang menjadi pengganti pintu, dapat ditutup-buka secara fleksibel terutama saat ada tamu.

Selain itu, tirai yang ditarik dari atas ke bawah juga dapat menjadi pilihan. Cocok sebagai partisi antara ruang keluarga atau tamu dengan mushola kecil dalam rumah mungil. 

2. Rak buku

Satu lagi perabotan pengganti partisi ruang bisa memakai rak buku, Bunda. Pilih rak buku yang tinggi sehingga bisa menjadi pembatas antar ruang.

Bunda bisa menyesuaikan rak tersebut dengan konsep rumah minimalis. Pastikan tinggi rak menyentuh plafon rumah minimalis. 

Ada baiknya memesan rak buku secara custom agar sesuai dengan tinggi rumah minimalis Bunda. Jika tidak ada budget maka bisa siasati bagian atas yang mungkin tak mencapai langit-langit rumah dengan tambahan tanaman hias sehingga terlihat lebih tinggi.

Jika masih belum sesuai dengan selera Bunda, yuk klik halaman selanjutnya untuk tahu tips membatasi ruangan tanpa partisi agar rumah mungilmu terasa lebih luas, Bun.

Simak juga video cerita bunda yang dulu aktif dan berprestasi, kini jadi IRT:

[Gambas:Video Haibunda]

MEJA BAR BISA JADI SOLUSI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!