sign up SIGN UP search


moms-life

Mengenal Diet Okinawa, Bisa Turun Berat Badan hingga Berumur Panjang

Arina Yulistara   |   Haibunda Senin, 08 Nov 2021 06:30 WIB
PAKAI PRINSIP 'BERHENTI MAKAN SEBELUM KENYANG'
Shot of a young woman looking unhappy while making a healthy snack with fruit at home caption

Bagaimana dengan porsi makannya?

Orang Okinawa tidak memiliki porsi makan khusus. Namun mereka punya filosofi setiap kali makan, yakni berhenti makan sebelum kenyang. 

Dalam menjalani diet Okinawa, Bunda disarankan berhenti makan saat sudah 80% kenyang. “Ini akan memainkan peran dalam menjaga berat badan dan melawan obsesitas,” sambung Stefani.

Bisakah diet Okinawa membantu menurunkan berat badan?

Jawabannya tentu bisa. Stefani mengatakan bahwa menjaga pola makan seperti diet Okinawa tentu bisa membantu menurunkan berat badan. Namun diet Okinawa tidak dirancang khusus untuk menurunkan berat badan.


“Pasti bisa menurunkan berat badan dengan rencana makan ini, terutama menghilangkan banyak makanan berkalori tinggi seperti permen dan makanan olahan, serta mengikuti konsep berhenti makan sebelum kenyang,” papar Stefani. 

Dampak diet Okinawa untuk kesehatan Bunda

Para peneliti berteori bahwa rendahnya tingkat lemak jenuh, asupan antioksidan yang tinggi, dan beban glikemik rendah akan mempengaruhi berbagai mekanisme biologis, seperti mengurangi stres oksidatif. 

Belum lagi gaya hidup yang aktif bersosialisasi. Penduduk Okinawa senang bergerak secara alami sepanjang hari, hanya dengan memasak, melakukan pekerjaan rumah tangga, hingga berjalan-jalan.

Jika Bunda ingin mencoba diet ini maka perlu dibicarakan dengan dokter terutama kalau ada kondisi khusus. Jangan sampai malah sakit ya, Bunda. Seperti saran dari Stefani.

“Dari diet Okinawa kita belajar banyak. Menekankan lebih banyak makanan utuh, nabati, akan memiliki ragam manfaat kesehatan. Membatasi makanan olahan dan manis, serta makan dalam jumlah sedang, semuanya merupakan strategi penting untuk dimasukkan ke dalam gaya hidup setiap orang,” pungkasnya. 

(fir/fir)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!