sign up SIGN UP search


moms-life

6 Tips Diet untuk Mengecilkan Perut Buncit Secara Alami, Bunda Bisa Coba Nih

Bella Barliana   |   Haibunda Kamis, 04 Nov 2021 06:30 WIB
Dieting Concept. Young Woman Choosing Between Fruits And Sweets. caption
Jakarta -

Menyingkirkan perut buncit menjadi tujuan utama dari semua usaha agar tubuh terlihat lebih ramping. Mengonsumsi berbagai suplemen menjadi salah satu cara instan yang banyak digunakan, tetapi mungkin bisa berbahaya jika dikonsumsi secara terus menerus.

Oleh karena itu, Bunda juga bisa mencoba diet dengan cara mengecilkan perut buncit secara alami. Dilansir dari Medical News Today, lemak visceral atau juga dikenal sebagai lemak perut adalah jenis lemak yang berguna untuk melindungi organ di dalam perut.

Pada dasarnya, setiap orang memiliki beberapa lemak di sekitar perut, tetapi jika dalam jumlah besar, hal ini bisa berbahaya bagi kesehatan. Jenis lemak ini juga bisa membuat perut seseorang terlihat buncit, Bunda.


Peningkatan lemak perut bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti usia terutama pada wanita dan kondisi medis tertentu. Lemak visceral sangat responsif terhadap apa yang Bunda konsumsi setiap hari.

Untuk mengurangi lemak ini dan menghilangkan perut buncit, merubah pola makan utama serta berolahraga adalah cara yang tepat. Jika Bunda bingung memulainya dari mana, ada beberapa cara sederhana yang bisa Bunda coba.

Dilansir dari Healthline, berikut adalah cara sederhana mengecilkan perut buncit secara alami dan aman dilakukan. Simak selengkapnya di sini, yuk.

Banner Pasutri Pekalongan

1. Hindari makanan dan minuman yang dimaniskan dengan gula

Makanan dan minuman dengan tambahan gula bisa menjadi faktor utama kenaikan berat badan, terutama di daerah perut dan bisa berdampak buruk bagi kesehatan Bunda. Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa, kelebihan gula dapat menyebabkan penumpukan lemak di sekitar perut dan organ hati.

Gula terdiri dari setengah glukosa dan setengah fruktosa. Ketika Bunda mengonsumsi banyak gula tambahan, hati akan kelebihan fruktosa dan dipaksa untuk mengubahnya menjadi lemak.

Biasanya, produk dengan gula tinggi terdapat pada minuman bersoda, jus buah dengan tambahan gula, dan berbagai minuman olahraga instan.

Namun, Bunda tidak perlu menghindari makan buah utuh. Hal ini karena buah-buahan tersebut mengandung rasa manis alami dan memililki banyak serat yang bisa mengurangi efek negatif fruktosa.

2. Konsumsi lebih banyak protein

Mengonsumsi banyak protein dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan mengurangi rasa lapar, sehingga menjadikannya cara yang sangat efektif untuk menurunkan berat badan. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa protein sangat efektif untuk menghilangkan lemak perut.

Dilansir dari Medical News Today, sumber protein tanpa lemak dapat ditemukan pada kacang-kacangan dan daging tanpa lemak. Menambahkan ini ke dalam makanan dapat membantu mendorong perasaan kenyang setelah makan dan mengurangi keinginan untuk camilan manis.

Bunda juga dapat mengurangi atau bahkan menghilangkan kebiasaan mengonsumsi daging berlemak, termasuk daging sapi dan daging olahan.

3. Konsumsi lebih sedikit karbohidrat olahan

Makan lebih sedikit karbohidrat olahan adalah cara yang sangat efektif untuk menghilangkan lemak. Penelitian telah menunjukkan bahwa mengurangi karbohidrat sangat efektif untuk menghilangkan lemak di daerah perut dan organ hati.

Karbohidrat olahan biasanya dapat ditemukan pada roti putih, biji-bijian olahan, serta makanan dan minuman manis. Bunda dapat mengganti karbohidrat olahan dengan karbohidrat kompleks, seperti buah-buahan, sayuran, dan makanan gandum.

Klik baca halaman berikutnya yuk, Bunda.

Simak juga video tips Yulia Balstchun untuk Bunda yang ingin memulai diet:

[Gambas:Video Haibunda]

JANGAN LUPA PERHATIKAN KANDUNGAN NUTRISI YANG ADA PADA MAKANAN BUNDA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!