sign up SIGN UP search


moms-life

8 Tips Diet Turunkan BB Tanpa Olahraga, Bunda Coba Makan Pakai Piring Merah

Arina Yulistara   |   Haibunda Jumat, 29 Oct 2021 06:30 WIB
Octopus salad with green beans and onion. Red plate standing on the middle of the frame. Surface is a dark blue metal surface with a cloth on side. caption
Jakarta -

Ingin berat badan turun tapi malas melakukan olahraga? Sebelum menjalani diet secara khusus, cobalah mulai dengan melakukan rutinitas ini.

Mengutip dari Healthline, ada rutinitas yang secara efektif bisa menjadi cara menurunkan berat badan tanpa harus rutin olahraga. Bunda bisa mencoba mengatur pola makan dengan cara yang sederhana untuk menurunkan berat badan. Berikut tips yang bisa dicoba.

1. Kebiasaan mengunyah secara perlahan

Salah satu cara menurunkan berat badan yang dianggap efektif oleh sains dengan mengunyah makanan secara perlahan. Mengunyah makan lebih lambat dan menyeluruh bisa membantu meningkatkan rasa kenyang dan mengonsumsi makanan lebih sedikit. 


Seberapa cepat Bunda menyelesaikan makanan juga bisa mempengaruhi berat badan. Sebuah tinjuan dari 23 studi observasional melaporkan bahwa orang yang makannya lebih cepat mungkin lebih mudah mengalami kenaikan berat badan dibanding pemakan lambat.

Pemakan cepat juga jauh lebih mungkin untuk menjadi gemuk. Untuk itu, biasakan diri agar bisa makan lebih lambat dan coba menghitung berapa kali Bunda mengunyah setiap gigitan. 

2. Gunakan piring kecil untuk makanan tidak sehat

Gunakan piring kecil saja untuk makanan tidak sehat. Menggunakan piring kecil bisa membantu Bunda mengonsumsi makanan lebih sedikit dengan membuat porsi terlihat besar.

Banner Masakan Seminggu Spesial Menu Warteg

Di sisi lain, jika makan menggunakan piring besar maka yang terlihat akan mengonsumsi makanan dalam porsi kecil sehingga Bunda tergerak untuk tambah makanan. Bunda bisa mengatur piring besar hanya untuk mengonsumsi makanan sehat. Sementara piring kecil buat makanan yang tidak sehat. 

3. Makan banyak protein

Protein memiliki efek kuat pada nafsu makan. Protein juga bisa meningkatkan rasa kenyang, mengurangi lapar, dan membantu Bunda makan sedikit kalori.

Ini mungkin karena protein mempengaruhi beberapa hormon yang berperan dalam rasa lapar dan kenyang, termasuk ghrelin dan GLP-1. Sebuah studi menemukan bahwa peningkatan asupan protein dari 15% menjadi 30% akan membantu peserta makan 441 kalori lebih sedikit per hari.

Selain itu, peserta juga bisa kehilangan rata-rata 11 pounds (5 kg) selama 12 minggu, tanpa sengaja membatasi makanan apa pun karena lebih banyak konsumsi protein. Beberapa contoh makanan kaya protein termasuk dada ayam, ikan, yogurt, telur, quinoa, dan almond. 

4. Simpan makanan tidak sehat

Jangan letakkan keripik, gorengan, minuman manis, di atas meja. Simpan semua makanan tidak sehat agar jauh dari pandangan mata Bunda. 

Menyimpan makanan tidak sehat di tempat yang Bunda sering lihat dapat meningkatkan rasa lapar dan menyebabkan makan lebih banyak. Jika Bunda menyimpan makanan yang tidak sehat di meja maka cenderung memiliki camilan yang tak direncanakan.

Ini terkait dengan peningkatan berat badan dan obesitas. Lebih baik menyimpan makanan sehat, seperti buah-buahan dan sayuran di depan mata.

MAKAN CAMILAN PAKAI PIRING MERAH
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!