sign up SIGN UP search


moms-life

7 Cara Menanam Tanaman Hias Bunga Mawar di Pot

Tim HaiBunda   |   Haibunda Sabtu, 06 Nov 2021 08:10 WIB
Tanaman hias bunga mawar caption
Jakarta -

Bunga mawar merupakan salah satu jenis tanaman hias berbunga yang populer. Namun, jika menanam di kebun terlalu menghabiskan banyak ruang, Bunda sebetulnya bisa mencoba menanamnya di dalam pot.

Menanam bunga mawar di dalam pot bisa mempermudah Bunda ketika ingin memindahkan letak tanaman ke lokasi yang lebih baik. Namun sebelum menanam, Bunda perlu mengetahui nih jenis tanaman bunga mawar yang tepat. Sebab, tidak semua bunga mawar akan tumbuh dengan baik di dalam pot.

Secara umum, ada empat jenis tanaman bunga mawar yang bisa Bunda pilih, seperti Ground cover, Miniature, Patio, dan Polyantha. Setelah mengetahui kelebihan dan jenis bunga mawar yang bisa ditanam di pot, ini saatnya Bunda mengetahui cara menanamnya.


Dilansir dari The Spruce, berikut adalah cara menanam tanaman hias bunga mawar di dalam pot.

1. Siapkan pot

Langkah pertama yang harus Bunda lakukan adalah menyiapkan pot yang nantinya akan ditanami oleh bunga mawar. Agar pertumbuhan bunga mawar lebih baik, Bunda perlu memilih pot yang relatif besar dan tinggi.

Para ahli merekomendasikan untuk tidak menggunakan pot berdiameter kurang dari 28 sentimeter. Jenis tanaman hias bunga mawar akan memiliki akar yang dalam. Jadi, semakin tinggi pot yang digunakan, maka pertumbuhannya akan semakin baik.

Tips Mengecilkan Perut Buncit

Penting juga untuk memperhatikan jenis pot yang digunakan. Daripada menggunakan pot plastik, akan lebih baik jika Bunda menggunakan pot tanah liat, karena pot jenis ini lebih lambat dalam mengirimkan panas matahari ke tanah.

Jika harus menggunakan pot plastik, usahakan pilih yang berwarna terang. Bunda juga perlu memastikan bahwa pot memiliki lubang drainase yang cukup di bagian bawah. Letakkan kerikil atau batu berukuran sedang sekitar satu inci di dasar pot.

2. Siapkan tanah di dalam pot

Berikutnya, Bunda bisa menyiapkan tanah sebagai media tanamnya. Ada keseimbangan yang harus dijaga saat Bunda memilih untuk menanam bunga mawar di dalam pot. Penggunaan media tanam dengan drainase cukup, berguna untuk mencegah pembusukan akar dan menjaga kelembapan.

Dilansir dari Better Homes and Gardens, Bunda bisa menambahkan satu sendok bahan organik, seperti pupuk kompos, kompos jamur, atau kompos taman untuk setiap tiga sendok tanah pot biasa.

Bunda juga bisa menambahkan satu sendok lumut gambut untuk mempertahankan kelembapan, dan satu sendok tepung tulang untuk nitrogen dan fosfor ekstra. Tambahkan butiran polimer penahan air yang bisa Bunda dapatkan di toko tanaman, untuk menyerap kelembapan dan melepaskannya saat tanah mengering.

3. Tanam bunga mawar

Selanjutnya, Bunda bisa mengisi sekitar dua pertiga pot dengan campuran tanah yang sudah disiapkan. Buat sedikit lekukan di tanah, lalu keluarkan mawar dari wadah pembibitan dan masukkan ke dalam lekukan tanah dalam pot.

Isi sekitar mawar menggunakan tanah pot yang tersisa, tekan dengan kuat di sekitar batang bawah. Kemudian, isi pot hingga penuh dengan tanah yang tersisa.

Tempatkan mawar pot di lokasi yang mendapat setidaknya tujuh jam sinar matahari langsung setiap hari. Jika menanam beberapa mawar, beri jarak setidaknya 60 sentimeter untuk memastikan sirkulasi udara yang baik bagi tanaman.

Klik baca halaman berikutnya yuk, Bunda.

[Gambas:Video Haibunda]



PUPUK SESUAI KEBUTUHAN HINGGA RUTIN REPOTTING
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!