sign up SIGN UP search

moms-life

6 Cara Membersihkan Rumah dari Semut, Pakai Bahan Alami Juga Bisa Bun

Ummu Kultsum Roihaanah Selasa, 23 Nov 2021 03:00 WIB
White pepper in wooden spoon Foto: Getty Images/iStockphoto/Studio Doros

Keberadaan semut di setiap sudut ruangan rumah, tentu terasa menyebalkan ya, Bunda. Tidak hanya dapat mengganggu kenyamanan, Bunda juga pasti khawatir gigitan semut tersebut menyerang anak-anak. 

Sebenarnya, ada begitu banyak alternatif yang bisa Bunda lakukan untuk membersihkan rumah dari serangan semut. Seperti salah satunya yang sering digunakan yaitu produk pembasmi serangga berbahan kimia.

Meskipun dikenal dapat memberikan hasil yang cepat dalam membasmi semut di rumah, namun tahukah Bunda jika penggunaan produk pembasmi serangga berbahan kimia tersebut dapat menimbulkan dampak buruk terhadap kesehatan. 


Nah, untuk dapat meminimalisir adanya dampak buruk terhadap kesehatan. Bunda dapat mengganti penggunaan produk berbahan kima tersebut dengan bahan-bahan alami. 

Tenang saja Bunda, bahan-bahan alami ini juga dikenal ampuh kok dalam membasmi dan membersihkan rumah dari serangan semut. 

Banner Rekomendasi 3 Tanaman Hias Indoor

Penasaran apa saja? melansir Health Line dan The Spruce, berikut enam bahan alami yang ampuh untuk membasmi semut yang mengganggu di rumah Bunda.

1. Lada

Bahan alami yang satu ini mungkin lebih sering digunakan oleh Bunda sebagai pelengkap bahan masakan, namun nyatanya lada juga bisa digunakan untuk membersihkan rumah dari serangan semut lho Bunda. 

Semut akan merasa terganggu dengan aroma lada yang sangat menyengat, sehingga Bunda bisa mencoba memakai lada hitam untuk mengusir mereka dan kawanannya.

Bukti anekdotal menunjukkan, menaburkan lada di sekitar papan atau belakang peralatan dapur bisa menjauhkannya dari semut.

2. Air mendidih

Jika Bunda menemukan adanya lubang semut pada beberapa ruangan di rumah, Bunda bisa tuangkan air mendidih ke dalam lubang semut tersebut. Sebab, air mendidih dikenal secara efektif dan cepat dalam membunuh banyak semut di dalamnya.

3. Cuka

Aroma cuka yang sangat menyengat dikenal ampuh untuk membunuh semut dan mengusirnya. Tidak hanya itu, semut juga dapat mencium bau cuka bahkan setelah mengering walaupun aromanya tidak tercium lama bagi kebanyakan orang.

Bunda dapat membersihkan rumah dari serangga seperti semut, dengan larutan cuka dan air berkomposisi 50-50. Namun, Bunda juga bisa menggunakan cuka secara langsung. 

Simak tips membersihkan panci gosong di sini:

[Gambas:Video Haibunda]



KULIT JERUK, AMPAS KOPI, DAN TEA TREE OIL
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!