sign up SIGN UP search


moms-life

7 Fakta Unik Klitoris: Benarkah Bisa Pengaruhi Kepuasan Seks?

Kinan   |   Haibunda Selasa, 16 Nov 2021 21:45 WIB
Young beautiful woman in roses garden caption

Klitoris adalah struktur genital wanita yang memainkan peran penting dalam stimulasi dan kepuasan seksual. Maka dari itu, penting untuk mengetahui apa saja fakta unik tentang bagian tubuh yang satu ini.

Dikutip dari Very Well Health, sebagian besar klitoris terdapat di bagian dalam dan tidak terlihat oleh mata. Kendati demikian, klitoris memiliki inti eksternal kecil dengan banyak saraf dan sangat sensitif terhadap stimulasi.

Seperti penis, klitoris adalah organ ereksi, meskipun bagian terkait fungsi ini terletak di dalam. Klitoris diketahui tidak memiliki fungsi selain sebagai menerima stimulasi terkait aktivitas seks. 


Bagian luar klitoris terletak di dalam labia, tepatnya di atas lubang uretra dan vagina. Bagian kecil ini ditutupi oleh 'kulit' klitoris, yaitu perpanjangan dari labia minora.

Berikut fakta-fakta unik tentang klitoris yang perlu Bunda ketahui:

1. Berfungsi penting terkait kepuasan seks 

Dalam hal klimaks, peneliti kesehatan seks dari Concordia University, Jim Pfaus, PhD, menyebutkan bahwa klitoris memiliki peran sangat penting.

"Klitoris sebenarnya adalah satu-satunya organ dalam tubuh yang memiliki fungsi terkait kepuasan seks," ujar Pfaus, dilansir Health.

Banner pola makan rumahan

2. Punya total 18 bagian

Ahli urologi dari Australia, Helen O'Connell, mengungkapkan melalui serangkaian studi MRI bahwa klitoris sebenarnya adalah sistem organ yang kompleks.

Ia juga menyebutkan bahwa klitoris terdiri dari total 18 bagian, dengan dua pertiga di antaranya adalah bagian dalam.

3. Dapat bertumbuh seiring bertambahnya usia

Meskipun ukuran klitoris tidak memengaruhi kehidupan seks, namun bagian ini sebenarnya dapat berubah sepanjang hidup. 

Peneliti dari Pace University sekaligus penulis 'The Clitoral Truth', Rebecca Chalker, PhD, menjelaskan pertumbuhan ukuran ini salah satunya dapat terjadi karena perubahan kadar hormon setelah menopause.

Jadi jika Bunda melihat ada perbedaan ukuran klitoris dari waktu ke waktu, tak perlu khawatir, ya.

4. Memiliki ribuan ujung saraf

Pakar kesehatan seks, Debra Herbenick, PhD, menyebut bahwa klitoris adalah bagian vagina yang memiliki paling banyak saraf. Jumlahnya bahkan bisa mencapai sekitar 8.000 ujung saraf, sehingga berperan penting bagi kenikmatan seks.

Simak ulasan lengkap di halaman selanjutnya.

Cegah bau tak sedap pada vagina dengan hal berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



KLITORIS BISA EREKSI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!