sign up SIGN UP search

moms-life

6 Cara Merawat Pagar Kayu Rumah Agar Tetap Cantik dan Tahan Lama

Arina Yulistara Jumat, 26 Nov 2021 03:00 WIB
Rumah minimalis Bunda ditutup dengan pagar kayu yang cantik dan elegan? Mungkin perlu perhatian ekstra saat musim hujan tiba. Berikut tips merawat pagar kayu. Ilustrasi cara merawat pagar kayu rumah/Foto: iStock.
Jakarta -

Rumah minimalis Bunda ditutup dengan pagar kayu yang cantik dan elegan? Pagar kayu Bunda pun mungkin perlu perhatian ekstra saat musim hujan tiba. 

Musim hujan menjadi salah satu penyebab tumbuhnya jamur di pagar kayu. Ini karena pagar kayu yang selalu lembap terkena air hujan dan jarang ada panas.

Untuk itu, Bunda disarankan memperhatikan kondisi pagar kayu saat ini. Pagar kayu memang membuat rumah lebih cantik, menarik, dan tentu mempermanis seluruh penampilan. Namun kalau ada jamur melekat di atasnya pasti akan terlihat mengganggu, Bunda.


Tidak hanya itu, tumbuhnya jamur juga bisa membuat pagar kayu menjadi rapuh. Yuk rawat dengan benar pagar kayu rumah minimalis Bunda agar selalu cantik dan tahan lama dilansir berbagai sumber.

1. Periksa apa ada kerusakan pada pagar kayu

Musim hujan membuat pagar kayu menjadi selalu lembap. Belum lagi saat hari-hari di mana jarang muncul matahari dan hujan sepanjang hari. 

Bunda perlu memeriksa apakah ada kerusakan pada pagar kayu? Kerusakan tak melulu patah atau lapuk tapi juga bisa retak.

Banner Rekomendasi 3 Tanaman Hias Indoor

Jika ada keretakan maka gunakan lem kayu tahan air untuk menutupi kerusakan. Ini membantu mencegah lembap yang menyebabkan kerusakan lebih lanjut dan memperpanjang umur kayu. 

2. Pastikan memiliki drainase yang baik

Mengutip Reddi Fence, pastikan pagar kayu memiliki drainase atau aliran jatuhnya air yang baik. Drainase yang baik membuat air tidak menggenang di sekitar tiang pagar yang akan mempengaruhi pagar kayu menjadi berlumut atau membusuk. Bersihkan pagar jika memang ada lumut yang menyerang selama musim hujan. 

3. Gunakan semprotan anti rayap

Gunakan semprotan anti rayap untuk merawat pagar kayu. Ingat, serangga seperti rayap memang sangat suka makan kayu dan tidak menutup kemungkinan pagar rumah minimalis Bunda tak jadi santapan mereka. 

Untuk itu, lebih baik mencegah dibanding mengobati, Bunda. Bunda bisa membeli semprotan anti rayap yang dapat diaplikasikan ke pagar kayu setiap 6 bulan atau setahun sekali. 

Cara merawat pagar kayu lainnya bisa klik halaman selanjutnya ya, Bunda.

Simak juga video rumah baru Arya Saloka yang kece banget:

[Gambas:Video Haibunda]



RUTIN BERSIHKAN DUA TAHUN SEKALI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!