sign up SIGN UP search


moms-life

6 Cara Merawat Pagar Kayu Rumah Agar Tetap Cantik dan Tahan Lama

Arina Yulistara   |   Haibunda Jumat, 26 Nov 2021 03:00 WIB
RUTIN BERSIHKAN DUA TAHUN SEKALI
Rumah minimalis Bunda ditutup dengan pagar kayu yang cantik dan elegan? Mungkin perlu perhatian ekstra saat musim hujan tiba. Berikut tips merawat pagar kayu. caption

4. Bersihkan jamur

Apa itu teak oil atau minyak jati? Minyak jati bisa membantu melindungi pagar kayu dari jamur.

Tumbuhnya jamur karena pagar kayu sering lembap, terutama saat musim hujan. Kalau memang sudah diserang jamur maka jangan didiamkan, segera beli cairan anti jamur. 

Bunda perlu menghilangkan jamurnya terlebih dahulu menggunakan ampelas. Kemudian berikan cairan anti jamur pada pagar rumah


Jika mencari cara rumahan dalam membersihkan jamur dari pagar kayu, Bunda bisa mencampur 20% pemutih dan 80% deterjen ringan. Semprotkan ke pagar kayu satu jam sebelum dicuci. Ini membantu membunuh spora jamur dan mencegahnya tumbuh kembali. 

5. Bersihkan 2 hingga 3 tahun sekali

Setiap dua hingga tiga tahun sekali, pagar kayu perlu dibersihkan Bunda untuk menghilangkan kotoran, lumut, dan menghindari kerusakan berkelanjutan. 

Kikis lumut atau cat yang terkelupas sampai menjadi kayu baru. Bersihkan pagar menggunakan semprotan air. Kemudian lapisi ulang dengan lapisan anti air yang bisa menjaganya dari sinar matahari.

6. Cat kembali pagar kayu

Cat kembali pagar kayu perlu dilakukan 3 sampai 5 tahun sekali. Gunakan cat eksterior berbahan dasar minyak atau lateks yang membantu menutup kelembapan, mencegah pembusukan kayu, dan membatasi pelapukan. 

Pilih pelapis yang bisa membantu menghambat sinar UV agar kayu tidak berubah warna. Biarkan pagar kayu mengering selama kurang lebih satu minggu sebelum mengecat ulang secara keseluruhan. 

(fir/fir)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!